Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Project Scorpio, Ambisi Microsoft Bikin Konsol Terkuat

Kompas.com - 14/06/2016, 14:28 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Selain konsol game versi langsing Xbox One S, dalam ajang E3 yang berlangsung di Los Angeles, AS, Senin (13/6/2016) kemarin, Microsoft turut mengumumkan pengembangan sebuah perangkat lain benama “Project Scorpio”.

Dirangkum KompasTekno dari The Verge (14/6/2016), Project Scorpio tak lain merupakan kode nama varian konsol game Xbox One yang lebih bertenaga dari versi “reguler”.

Microsoft mengkaim Project Scorpio bakal mampu menangani aneka game dengan resolusi 4K, juga judul-judul game yang mendukung virtual reality (VR), dengan daya komputasi sebesar 6 teraflops yang dimilikinya.

“Kami melihat gaming 4K dan VR high-end naik daun di PC dan ingin membawa kedua hal tersebut ke ranah konsol,” sebut kepala Xbox Microsoft, Phil Spencer.

“Saat ia hadir (Project Scorpio) akan menjadi konsol terkuat yang pernah dibuat,” tambahnya.

Meski hadir dalam sejumlah varian berbeda (Xbox One, Xbox One S, dan Project Scorpio), kesemua versi konsol Xbox One nantinya akan bisa memainkan judul-judul game yang sama.

Hanya saja, tingkat resolusinya saja yang berbeda. Spencer mencontohkan Halo 5 yang kerap berjalan dengan resolusi kurang dari 1.920 x 1.080 untuk menjaga frame rate.

“Saat game seperti itu berjalan di Scorpio, maka akan memakai resolusi tertinggi sepanjang waktu,” kata Spencer.

Project Scorpio rencananya akan diluncurkan menjelang akhir 2017 nanti, tapi tanggal pasti maupun informasi harganya belum diungkapkan.

Selain Microsoft, Sony pun tengah menyiapkan versi lain dari konsol game PlayStation 4 yang lebih bertenaga, juga untuk menangani game 4K dan VR.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com