Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna Android Bisa Kirim SMS dari Facebook Messenger

Kompas.com - 15/06/2016, 18:34 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Facebook agaknya ingin menguasai seluruh aktivitas pertukaran pesan di Android. Jejaring tersebut meluncurkan fitur baru yang memungkinkan pengguna mengirim chatting dan SMS lewat satu platform, yakni Messenger.

Dengan kata lain, tampilan antarmuka kedua aplikasi dikombinasikan jadi satu. Hanya saja, mayoritas fitur spesial pada Messenger tak bisa digunakan untuk mengirim SMS.

Cuma satu fitur yang bisa digunakan, yakni stiker. Pengguna bisa mengirim SMS dengan menyematkan stiker-stiker lucu dari Messenger.

Fitur ini sudah diuji sejak Februari lalu dan kini mulai meluncur untuk beberapa pengguna Android, sebagaimana dilaporkan TheVerge dan dihimpun KompasTekno, Rabu (15/6/2016).

Kemampuan baru pada Messenger ini dinamai Chat Heads. Sesuai tajuknya, semua pesan diklaim bakal tersusun apik dan muncul dengan notifikasi yang tampil di kepala layar.

Facebook meyakinkan pengguna tak perlu khawatir dengan isu privasi. Server Facebook tak akan tahu pertukaran SMS pengguna. Semuanya terjadi secara lokal di ponsel pengguna.

Pasalnya, SMS dan chatting Messenger tetap merupakan dua unsur terpisah. Hanya antarmukanya saja yang dibuat seakan menyatu.

Pimpinan Facebook Messenger David Marcus mengatakan integrasi antarmuka SMS dan chatting Messenger akan dinikmati hampir di semua negara. Namun belum jelas negara mana saja yang dimaksud dan kapan pembaruan ini bisa tersebar luas. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com