Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama Tak Lagi Pakai BlackBerry, Apa Ponsel Penggantinya?

Kompas.com - 16/06/2016, 07:39 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber SamMobile

KOMPAS.com - Presiden AS, Barack Obama mengaku tidak lagi menggunakan BlackBerry, smartphone yang setia dipakainya selama beberapa tahun belakangan ini.

Penghentian penggunaan BlackBerry itu diungkapkan Obama dalam acara talkshow Jimmy Falon pekan lalu. Meskipun begitu, orang nomor satu di AS ini enggan menjelaskan smartphone pengganti yang digunakannya.

Lantas, kira-kira ponsel apa yang digunakan Obama? Situs Sammobile menduga bahwa Obama menggunakan Samsung Galaxy yang cukup lawas, yakni S4.

Akan tetapi, Galaxy S4 yang digunakan bukan versi biasa, melainkan sudah diperkuat dengan beberapa fitur keamanan canggih. Perangkat itu juga merupakan yang pertama disetujui untuk bisa terkoneksi dengan jaringan rahasia Gedung Putih.

Apa yang mendasari dugaan tersebut? Sebagaimana KompasTekno rangkum dari SamMobile, Kamis (16/6/2016), Galaxy S4 diketahui sebagai satu-satunya perangkat mobile yang didukung oleh Defense Information Systems Agency, sebuah divisi yang menyediakan layanan komunikasi di Gedung Putih.

Menteri Luar Negeri AS, John Kerry dikatakan sebagai salah satu anggota pemimpin negara pertama yang menggunakan Galaxy S4 versi aman tersebut.

Obama sendiri selama ini diketahui menggunakan BlackBerry model 8830 dengan keamanan ekstra untuk e-mail dan panggilan telepon.

Meskipun telah menggunakan ponsel di luar BlackBerry, dia agaknya merasa kuang puas lantaran fungsi perangkat itu dikurangi kemampuannya habis-habisan demi menjaga sekuriti.

“Saat saya menerimanya, mereka berkata ‘Pak Presiden, untuk alasan keamanan… ponsel ini tak bisa memotret, tak bisa kirim SMS, tak bisa menelepon, tidak bisa memutar lagu’,” ujar Obama.

Dia pun menyamakan perangkat “pintar” itu dengan ponsel mainan untuk anak balita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SamMobile
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com