Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Bikin Posting-an #PathDaily di Path

Kompas.com - 18/06/2016, 13:18 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Postingan Path dengan tanda pagar #pathdaily sedang ramai di media sosial Path. Postingan tersebut merupakan kombinasi teks yang disertai foto random otomatis dari Path.

Sebenarnya tanda pagar apa sih itu? Dan bagaimana cara membuat postingannya?

Path mendeskripsikan fitur barunya itu sebagai sebuah “visual thoughts”, tapi tak bicara lebih jauh mengenai alasan di baliknya. 

“'Visual thoughts', ini sebuah kejutan untuk Anda! Lihatlah momen “Thoughts” yang Anda unggah berubah, dari kata-kata menjadi gambar, dengan cara menyematkan #pathdaily pada bagian akhirnya,” tulis keterangan dalam pembaruan aplikasi.

Istilah visual ini mengacu pada gambar latar belakang secara acak yang disematkan ke tiap kata-kata yang diunggah pengguna. Anda pun bisa mencobanya sekarang, dengan cara mengikuti panduan dari KompasTekno, Sabtu (18/6/2016), berikut ini:

1. Update Path untuk Android

Pastikan Anda sudah memperbarui aplikasi Path di Android ke versi 5.3.0 yang dirilis pada 16 Juni 2016. Ini adalah aplikasi versi terbaru yang berisi fitur #pathdaily tersebut.

Sementara waktu ini, hanya pengguna Android yang bisa memakainya. Pengguna iOS mau tidak mau harus bersabar dulu hingga Path merilis pembaruan aplikasi tersebut di Apple App Store.

2. Ikon tanda kutip

Seperti biasa Anda mengunggah status, sentuh tanda "+" yang ada di bagian bawah menu utama Path, kemudian sentuh ikon tanda kutip yang ada di sana. Tuliskan status atau kata-kata yang ingin Anda tampilkan.

3. Beri #pathdaily

Setelah selesai merangkai kata, jangan lupa untuk menambahkan tanda pagar #pathdaily di bagian akhir. Tanda pagar ini adalah kunci untuk membuka kejutan visual dari Path, jadi tidak boleh ketinggalan.

Berikutnya, cukup mengunggah kata-kata yang sudah Anda rangkai dan dibubuhi tagar #pathdaily. Pada saat tampil di linimasa, semua kata-kata itu akan diberi tambahan gambar latar belakang. Jumlah karakter teks yang bisa ditampung juga terbatas. Jadi pastikan teks yang ditulis tidak terlalu panjang.

Hasilnya akan jadi seperti contoh di bawah ini:

Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.com Fitur #pathdaily mendekorasi kata-kata dengan tambahan gambar latar belakang yang dipilih secara acak

Hal menarik lainnya, gambar latar tersebut merupakan pilihan acak. Hasilnya seringkali tidak mencerminkan kata-kata yang dimuat di dalamnya, walau ada juga yang secara kebetulan dipasangkan dengan gambar yang cocok.

Halaman Berikutnya
Halaman:

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com