Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laptop Pertama Acer dengan Prosesor Terbaru AMD Hadir di Indonesia

Kompas.com - 21/06/2016, 09:11 WIB
Oik Yusuf

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak lama setelah diperkenalkan secara resmi di ajang Computex 2016 awal Juni lalu, seri prosesor APU terbaru AMD (Bristol Ridge) telah hadir di Indonesia lewat tiga varian laptop Acer E5-553G yang diluncurkan dalam sebuah acara Jakarta, Senin (20/6/2016).

APU atau Accelerated Processing Unit adalah istilah AMD untuk prosesor yang menggabungkan inti CPU dengan pengolah grafis (GPU) Radeon. "Bristol Ridge" merupakan kode nama APU terbaru yang dipasarkan dengan nama FX Series dan A-Series.

Dibanding produk generasi sebelumnya, Head of Consumer Product PT Acer Indonesia, Dianah, mengklaim APU AMD generasi ke-7 menawarkan kinerja hingga 30 persen lebih tinggi.

"Kami juga menanam memori jenis DDR4 dual channel dengan kapasitas besar sehingga mampu mengakomodir pengguna untuk memperoleh kecepatan dan kualitas tampilan grafis," ujar Dianah, sambil menambahkan RAM DDR4 biasanya hanya ditemukan di laptop berharga belasan juta rupiah.

Oik Yusuf/ KOMPAS.com Tiga varian laptop Acer E5-553G memilki bentuk fisik yang sama. Perbedaan terletak pada konfigurasi hardware masing-masing.

Adapun Acer E5-553G dibanderol dengan harga antara Rp 6,8 juta hingga Rp 9 juta. Laptop ini terdiri dari tiga varian. Kesemuanya memiliki kemasan fisik dan kelengkapan konektor yang sama, mencakup layar 15,6 inci (1.366 x 768), port USB 3.0 dan port USB type-C.

Perbedaan ketiga varian terletak pada konfigurasi prosesor, RAM, dan storage. Varian termurah yang dibanderol Rp 6,8 juta menggunakan APU AMD A10-9600P (quad core, GPU Radeon R8 M445 DX 2 GB VRAM), dual-channel DDR4 4 GB, dan harddisk 1 terabyte.

Varian kedua yang dihargai Rp 7,5 juta dibekali APU AMD A12 (quad core, GPU Radeon R8 M445 DX 2 GB VRAM), dual-channel DDR4 8 GB, dan harddisk 1 terabyte.

Terakhir, varian tertinggi yang dipatok Rp 9 juta memakai APU AMD FX 9800P (quad core, GPU Radeon R8 M445 DX 2 GB VRAM), dual-channel DDR4 8 GB, serta harddisk 1 terabyte ditambah SSD 128 GB.

Untuk gamer dan profesional

Product Manager Acer Indonesia Suryadi Hiumanbrata mengatakan ketiga varian laptop dengan bodi berbahan aluminium ini ideal untuk dipakai bermain game karena memiliki pengolah grafis yang bertenaga.

Namun, dia menambahkan bahwa Acer E5-553G juga bisa dipakai oleh kalangan lain seperti para profesional yang membutuhkan kecepatan komputasi tinggi dalam menjalankan software sehari-hari.

Oik Yusuf/ KOMPAS.com Deretan konektor yang tersedia pada Acer E5-553G sudah termasuk USB Type-C (ujung kiri, sebelum port exhaust udara panas)

"Fokus APU memang untuk gamer. Tapi bukan cuma gamer saja yang bisa pakai, untuk desainer yang biasa memakai Photoshop pun cocok, misalnya," kata Suryadi.

Marketing Manager AMD Indonesia Armawati Cen mengamini pernyataan Suryadi.

"Yang mau kami berikan dengan Bristol Ridge (APU AMD generasi ke-7) adalah pengalaman gaming yang lebih imersif. Selain itu kami juga menjawab kebutuhan produktivitas," katanya.

Selain Acer, Armawati menuturkan pihaknya sudah menjalin kerjasama dengan vendor lain, yakni HP, untuk memasarkan laptop dengan prosesor teranyar dari AMD itu. Produk HP berbasis APU generasi ke-7 rencananya akan memasuki pasaran Indonesia pada Juli mendatang.

"Setelah itu, pada kuartal ketiga tahun ini akan masuk dua brand lagi yang mengusung APU AMD generasi ke-7," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com