Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awas, Malware “Godless” Bisa Masuk ke Hampir Semua Android

Kompas.com - 26/06/2016, 03:41 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Peneliti keamanan cyber dari Trend Micro menemukan sebuah malware atau program jahat baru bernama Godless. Malware ini menarget sistem operasi Android 5.1 ke atas dan bekerja dengan cara mengeksploitasi perangkat yang dijangkitinya.

Masalahnya, masih menurut peneliti lembaga kemananan itu, saat ini sekitar 90 persen perangkat Android sudah menggunakan sistem operasi versi 5.1 Lolipop atau yang lebih tinggi. Artinya hampir semua perangkat Android terancam kena serangan Godless.

“Berdasarkan data dari Trend Micro Mobile App Reputation Service, malware yang terkait dengan ancaman ini bisa ditemukan di toko aplikasi terpercaya, seperti Google Play. Malware ini sudah ditemukan menyerang lebih dari 850 ribu perangkat di seluruh dunia,” tulis Mobile Threat Analyst Trend Micro, Veo Zhang dalam laporan penelitian tersebut.

Godless mirip dengan alat eksploitasi yang biasa dipakai hacker. Selain itu malware ini dibekali dengan bermacam alat penjebol celah kemananan pada sistem operasi yang ditargetnya dan memiliki rooting framework yang disebut android-rooting-tools.

Ia bekerja secara tersembunyi. Jika pengguna mengunduh aplikasi yang mengandung Godless, malware tersebut tak langsung bekerja. Ia akan diam menunggu layar ponsel padam kemudian melakukan proses rooting.

Setelah rooting itu selesai, maka Godless akan mengeluarkan sebuah sistem yang berujud data terenkripsi dan diberi nama “_image”. File ini tak bisa dihapus dengan mudah.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Phone Arena, Sabtu (24/6/2016), ancaman terbesar dari malware ini adalah kemampuannya untuk mengendalikan perangkat secara remote.

Setelah malware berhasil mendapatkan akses ke root sistem operasi Android, maka penyerang yang mengendalikan program jahat itu bisa memasang berbagai aplikasi secara diam-diam dan dari jarak jauh. Kemungkinan terburuknya, Godless juga bisa dipakai memata-matai pengguna ponsel yang sudah dimasukinya.

Dengan mengetahui adanya malware Godless, pengguna Android mesti lebih berhati-hati saat mengunduh aplikasi. Bahkan ketika mengunduh dari Google Play Store, pastikan tidak ada hal yang mencurigakan.

Menurut penelitian Trend Micro, Godless seringkali ditemukan dalam aplikasi utilitas seperti senter, WiFi, hingga salinan berbagai game populer. Salah satu contohnya, peneliti sempat menemukan malware tersebut dalam aplikasi Summer Flashlight.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com