Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponsel 3G Android Termurah di Dunia Siap Dipasarkan

Kompas.com - 27/06/2016, 11:43 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber TheNextWeb

KOMPAS.com - Smartphone Android termurah di dunia segera dipasarkan pada 30 Juni mendatang. Bertajuk Freedom 251, ponsel seharga 4 dollar AS atau sekitar Rp 54.000 ini dibuat oleh Ringing Bell yang merupakan startup asal India.

Meski harganya lebih kurang sama dengan secangkir kopi di kedai kopi ternama, ponsel 3G ini menyisipkan spesifikasi yang lumayan menjawab kebutuhan masyarakat modern.

Untuk membidik foto, pengguna bisa memanfaatkan kamera utama 8 megapiksel. Ada juga kamera depan 3,2 megapiksel bagi para pecinta selfie, sebagaimana dilaporkan TheNextWeb dan dihimpun KompasTekno, Senin (27/6/2016).

Freedom 251 mengusung layar berukuran 4 inci dan memiliki slot dual kartu SIM. Otaknya disokong prosesor quad-core berkecepatan 1,3 GHz yang dipadankan dengan RAM 1GB dan memori internal 8GB.

Untuk baterai, ponsel low-end ini memercayakan pada batu daya berkapasitas 1800 mAH. Sistem operasinya bertumpu pada Android Lollipop 5.1.

Menurut pendiri sekaligus CEO Ringing Bells Mohit Goel, Freedom 251 tak dibuat untuk mendompleng keuntungan besar-besaran bagi perusahaan. Tiap penjualan satu unit, Ringing Bells berpotensi kehilangan duit 140 Rs hingga 150 RS (Rp 457.000 hingga Rp 490.000).

Goel mengatakan Freedom 251 diciptakan terutama bagi masyarakat India di daerah pedalaman. Ke depan, ia mengharapkan keuntungan didapat dari volume penjualan yang besar.

"Kami akan rugi, tapi saya senang karena mimpi mengoneksikan masyarakat kelas bawah di India bisa terpenuhi," ia menjelaskan.

Belum jelas apakah Freedom 251 nantinya bakal dipasarkan secara global atau tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber TheNextWeb

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com