Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Segera Hadir, Ponsel Android Bermerek Google

Kompas.com - 27/06/2016, 13:54 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Google bersiap merilis ponsel hasil rancangannya sendiri. Namun kali ini ponsel dengan merek Google yang dimaksud bukan ponsel Android Nexus seperti yang dikenal selama ini.

Raksasa teknologi AS itu dikabarkan sedang melakukan pembicaraan dengan beberapa operator telekomunikasi untuk merilis ponsel buatan Google yang digadang-gadang sebagai pesaing Apple iPhone.

Google akan merancang sendiri ponsel Android itu, termasuk di dalamnya proses manufaktur dan software yang semuanya akan dilakukan oleh Google. Sumber yang dekat dengan isu ini mengatakan ponsel tersebut siap dirilis pada akhir tahun ini.

Sebelumnya, Google memang memiliki brand Nexus sebagai ponsel hasil rancangannya. Namun produksi Nexus masih dilakukan dengan vendor lain seperti LG, Huawei, dan HTC.

Kali ini, ponsel Android Google sepenuhnya akan diproduksi oleh Google sendiri.

Dengan membuat ponsel dan software sendiri, Google dinilai sedang berusaha mengamankan layanannya, termasuk toko aplikasi Google Play.

"Mereka khawatir Android semakin terfragmentasi, OS tersebut perlu menjadi platform yang lebih terkontrol lagi," ujar Ben Wood, analis di CCS Insight.

"Saya rasa mereka (Google) mencoba untuk lebih mengontrolnya, menjadi seperti Apple," imbuh Wood.

Google selama ini memang terkenal sebagai raksasa software. Dengan membuat gadget sendiri, mereka juga ingin merambah ke bisnis hardware. Sebelumnya Google sudah merilis hardware seperti tablet dan laptop Chrome bekerja sama dengan vendor komputer dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com