Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Monster Laut Tertangkap Kamera Google Earth?

Kompas.com - 27/06/2016, 16:08 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber CNET

KOMPAS.com - Sebuah benda misterius ditemukan dalam program globe virtual Google Earth yang melakukan pencitraan permukaan bumi dari luar angkasa dengan satelit.

Benda yang berada di lautan dekat pulau Deception Island, Antartika ini tampak seperti obyek besar berwarna cokelat, dikelilingi ombak berwarna kehijauan.

Lantaran bentuknya yang lumayan menarik tersebut, hanya tinggal tunggu waktu saja sebelum sang obyek dikira makhluk aneh dari dalam samudera. Memang itulah yang kemudian tejadi.

Dirangkum KompasTekno dari Cnet, Senin (27/6/2016), awal bulan ini foto sang benda misterius sempat ramai dikira sebagai aneka macam makhluk, mulai dari yang mistis seperti Kraken ataupun yang nyata (tapi sudah punah) seperti dinosaurus berleher panjang, Plesiosaurus.

Tapi benarkah benda tersebut merupakan makhluk makhluk misterius yang tertangkap kamera? Sayang, ternyata bukan.

www.scielo.cl Sail rock
Ahli biologi laut dalam Andrew David Thaler mengatakan sang obyek aneh sebenarnya adalah sejenis batu karang di lepas pantai yang biasa disebut sebagai “sail rock”.

“Kalau saja orang-orang membuka peta laut, mereka akan tersadar bahwa ini adalah sebongkah sail rock,” tulis Thaler dalam sebuah blog ilmiah.

“Di laut, bentuknya terlihat mirip dengan kapal layar," tulis Thaler.

Aneka benda aneh dalam foto, baik yang diambil di bumi maupun planet lain seperti Mars, memang sering dikira sebagai penampakan sensasional dari sesuatu, entah monster, alien, atau lainnya.

Tapi sejauh ini belum ada yang kebenarannya tak diragukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com