Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kini Bisa Bikin "Slideshow" di Facebook untuk iOS

Kompas.com - 28/06/2016, 17:06 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber Mashable

KOMPAS.com - Facebook memperkenalkan fitur berbagi foto dan video dalam aplikasinya yang disebut Slideshow. Fitur ini baru tersedia bagi pengguna platform iOS di seluruh dunia.

Dengan fitur baru itu, Facebook ingin memberi pengalaman baru berbagi foto di jejaring sosial.

Sesuai namanya, Slideshow akan menampilkan foto-foto secara berurutan. Foto yang ditampilkan diambil dalam kurun satu hari (24 jam).

Aplikasi akan mengetahui foto atau video yang diambil dalam kurun waktu itu, lalu membuatnya sebagai gambar berurutan (slideshow) yang bisa dibagikan di linimasa.

Pengguna Facebook di iPhone bisa melakukan penyesuaian sendiri, seperti urutan foto, efek transisi, dan memberi tag teman. Atau Slideshow yang disajikan Facebook bisa dibiarkan begitu saja jika pengguna tidak ingin mem-posting.

Saat ini, terdapat 10 tema yang bisa dipilih untuk membuat Slideshow, seperti epic, playful, nostalgic, dan birthday, masing-masing memiliki gaya dan musik pengiring sendiri.

Menurut Facebook, seperti dikutip KompasTekno dari Mashable, Selasa (28/6/2016), pihaknya akan menambah lebih banyak lagi tema untuk Slideshow ke depannya.

Fitur ini sebenarnya bukan hal yang baru. Facebook sebelumnya telah mengujinya kepada beberapa pengguna terpilih di beberapa negara, dan menyediakannya di aplikasi berbagi foto miliknya, Moments.

Langkah Facebook membuat Slideshow ini dinilai sebagai jawaban mereka terhadap fitur sejenis yang dimiliki pesaing, seperti Apple dan Google.

Apple baru-baru ini mengenalkan fitur Memories di sistem operasi mobile terbaru mereka, iOS 10. Sementara Google Photos selama ini memiliki fitur Movies Assistant untuk membuat slideshow foto atau video.

Belum diketahui kapan Facebook akan membawa Slideshow bagi pengguna platform Android.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mashable

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com