Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resmi Meluncur, Berapa Harga AMD Radeon RX 480 "Polaris"?

Kompas.com - 30/06/2016, 10:35 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Lama dinantikan, seri kartu grafis baru dari AMD, Radeon RX 480, akhirnya resmi meluncur pada Rabu (29/6/2016). Radeon RX 480 merupakan kartu grafis pertama yang mengusung chip pengolah grafis (GPU) baru seri “Polaris” dari AMD.

Dibikin dengan teknologi fabrikasi 14nm FinFET, Polaris menjanjikan kinerja lebih tinggi, tapi dengan konsumsi lebih rendah dibandingkan chip GPU sebelumnya dari AMD.

Menurut keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Radeon RX 480 tersedia dalam dua varian dengan kapasitas memori berbeda, yakni 4 GB GDDR5 dan 8 GB GDDR5.

Banderol di pasaran internasional untuk versi 4 GB dipatok di angka 199 dollar AS atau sekitar Rp 2,7 juta, sementara varian 8 GB dihargai 239 dollar AS atau setara Rp 3,2 juta.

Bagaimana dengan pasaran Tanah Air? Pekan lalu, Marketing Manager AMD Indonesia Armawati Cen sempat mengungkapkan bahwa Radeon RX 480 bakal resmi dijual pada pertengahan Juli mendatang.

Dua “adik” RX 480, yakni Radeon RX 470 dan RX 460, juga dipastikan akan hadir di Indonesia tahun ini. Namun, Armawati mengaku belum bisa menyebut berapa harga jual ketiga kartu grafis “Polaris” itu nantinya.

Setara GeForce GTX 970

Spesifikasi teknis dari Radeon RX 480 mencakup stream processor sebanyak 2304 buah, 36 compute units, 144 texture units, dan 32 ROP. Kecepatan base clock disetel di angka 1120 MHz dengan boost hingga 1266 MHz.

Bandwitdh yang dihasilkan memori GDDR5 (256-bit) yang tertanam di kartu grafis ini mencapai angka 224 GB per detik. Secara teoritis, Radeon RX 480 mampu menghasilkan data komputasi sebesar 5,8 TeraFLOPS.

Menurut pantauan KompasTekno, hasil uji sejumlah situs menempatkan kinerja RX 480 di posisi setara atau sedikit lebih baik dibandingkan pesaing terdekatnya, Geforce GTX 970 dari Nvidia yang dibanderol lebih mahal di kisaran 300 dollar AS, baik dalam benchmark sintetis ataupun game.

Hal tersebut bersesuaian dengan peryataan Senior VP and Chief Architect Radeon Technologies Group AMD, Raj Koduri, yang menyebutkan bahwa Radeon RX 480 bakal menghadirkan pengalaman bermain game virtual reality (VR) di level harga yang lebih terjangkau.

GeForce GTX 970 sebelumnya diketahui merupakan kartu grafis “minimal” yang diperlukan untuk menjalankan konten VR dengan mulus di headset seperti Oculus Rift dan HTC Vive.

Dengan menggabungkan dua buah Radeon RX 480 dengan teknologi Crossfire, AMD mengklaim kartu grafis papan tengah tersebut bisa menumbangkan jawara saat ini, GeForce GTX 1080 (600 dollar AS), sambil tetap menawarkan harga lebih murah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com