Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Diminta Hapus Video "Lelaki Kerdus" dari YouTube

Kompas.com - 30/06/2016, 11:13 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com — Beredarnya video berjudul "Lelaki Kerdus" di YouTube dan media sosial membuat heboh jagat dunia maya Indonesia. Video tersebut menampilkan seorang anak perempuan yang menyanyikan lagu yang bercerita tentang kemarahan anak terhadap sosok ayahnya yang menduakan ibunya.

Lirik lagu "Lelaki Kerdus" tersebut dinilai tidak sesuai dinyanyikan dan dikonsumsi anak-anak.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) angkat bicara soal peredaran video "Lelaki Kerdus" ini. Kepala Pusat Informasi dan Humas Kemenkominfo Ismail Cawidu mengatakan, pencipta lagu "Lelaki Kerdus" akan menurunkan videonya dari YouTube.

"Setelah dihubungi, dengan kesadaran sendiri, (pencipta lagu) akan menurunkan dari YouTube," tulis Ismail dalam pesan tertulis kepada KompasTekno, Kamis (30/6/2016).

Namun, ditambahkan Ismail, karena sudah banyak yang mengunduh dan mengunggah kembali video "Lelaki Kardus" ke berbagai media sosial, lagu tersebut saat ini masih beredar.

Kemenkominfo pun akan menyurati pihak Google Indonesia sebagai pemilik situs YouTube untuk memblokir video yang dimaksud.

"Kominfo akan mengirim surat ke YouTube agar menghapus video tersebut," kata Ismail.

Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPA Indonesia) atau Komnas Perlindungan Anak (Komnas PA) juga mengajak semua pihak agar tidak menyebarluaskan tayangan video lagu "Lelaki Kerdus" ini di berbagai media sosial.

"LPA Indonesia mengimbau masyarakat untuk membangun persepsi bersama bahwa video tersebut sungguh-sungguh tidak ramah anak," tulis Reza Indragiri Amriel, Ketua Bidang Pemenuhan Hak Anak, LPA Indonesia.

LPA Indonesia mengajak masyarakat agar tidak memberikan komentar yang merendahkan anak-anak selama video tersebut masih ada di media online.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com