Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasang YunOS di Mobil, Alibaba Gertak Android

Kompas.com - 30/06/2016, 13:23 WIB
Bayu Galih

Penulis

SHANGHAI, KOMPAS.com - Raksasa teknologi asal China, Alibaba Group, menyimpan ambisi besar untuk meluaskan bisnisnya ke pasar konsumen, termasuk ke dalam kabin-kabin mobil di masa depan dengan sistem operasi YunOS buatan mereka sendiri.

YunOS pun menjadi salah satu "amunisi" Alibaba untuk melepaskan diri dari predikat perusahaan e-commerce dan mulai ekspansi ke pasar perangkat pintar.

Ambisi itu terlihat saat Alibaba memamerkan YunOS dalam pagelaran Mobile World Congress Shanghai 2016 yang dibuka sejak kemarin, Rabu (29/6/2016). Wartawan Kompas.com, Bayu Galih melaporkannya langsung dari Shanghai.

Perusahaan yang mengantarkan sang pendiri, Jack Ma menjadi orang terkaya di China itu terlihat menyiapkan YunOS tak hanya sebagai sistem operasi yang berjalan di ponsel, tapi juga dibenamkan dalam mobil pintar (smart car) dan peralatan rumah pintar.

Dalam MWC Shanghai 2016, Alibaba turut memamerkan mobil pintar Roewe RX 5.

"Saya belum bisa mengatakan hanya mobil ini. Tapi sekarang, ini merupakan mobil pertama yang menggunakan sistem operasi YunOS," kata Public Relations Manager Corporate Affairs Alibaba Group, Sindy Shi, di ajang MWC Shanghai, Rabu.

Bayu Galih/KOMPAS.com Perangkat Jado berbasis sistem operasi YunOS yang digunakan di mobil pintar Roewe RX 5.

YunOS didesain untuk memungkinkan pengendara mendapat kemudahan tak hanya dalam hal terhubung dengan internet dalam kecepatan 4G dan 5G.

Namun, sistem operasi ini juga memudahkan pengendara dalam urusan navigasi hingga menjaga keselamatan penumpang.

"Jarak kendaraan dapat dijaga untuk menghindari tabrakan," ujar Shi.

Perangkat bernama Jado juga dibenamkan ke dalam Roewe RX5. Dengan sistem perintah berbasis suara, Jado akan memudahkan pengendara untuk fokus dalam berkendara.

Mobil ini akan segera dirilis Alibaba tahun ini. Sejauh ini, Sindy Shi belum mau memberikan informasi detail mengenai harga atau spesifikasi.

"Kami akan merilis ini pekan depan. Saat ini baru untuk pasar China," ujar Shi.

Sementara raksasa teknologi Google selama ini juga diketahui turut mengembangkan ekosistem mobil pintar ini dengan teknologi Android. YunOS diharapkan bisa menjadi pesaing atau alternatif dari Android di kabin-kabin mobil masa depan.

Terbesar ketiga

Saat Alibaba menanamkan investasi ke Meizu senilai 590 juta dollar AS tahun lalu, sebenarnya niat Alibaba untuk masuk ke perangkat pintar sudah terbaca.

Halaman:

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com