Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menkominfo Minta Operator Perkuat Layanan di Jalur Mudik Lebaran

Kompas.com - 05/07/2016, 12:20 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara meminta agar operator telekomunikasi seluler memfokuskan layanan di titik-titik macet di jalur mudik Lebaran 2016.

“Bagus layanan jaringan telekomunikasi ada di daerah-daerah tapi kita fokus kepada permasalahan. Contohnya exit Brebes yang panjang antreannya mencapai 15-20 km, kemudian daerah Pantura, Purwokerto, dan Banyumas," katanya seperti dikutip KompasTekno dari halaman Kominfo.go.id, Selasa (5/07/2016).

Untuk memastikan hal itu, Rudantara mengecek kesiapan operator telekomunikasi seluler di Indonesia dalam mengantisipasi mudik Lebaran 2016.

Rangkaian kegiatan itu dilakukan Rudiantara pada Minggu (3/7/2016) dengan mengunjungi pusat kendali jaringan Telkomsel, kemudian pada  Senin (4/7/2016) di pusat kendali tiga operator lainnya, Indosat Ooredoo, Xl Axiata, dan Hutchison Three (Tri).


Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah mengatakan, "Sejak jauh hari kami ingin memastikan seluruh layanan berfungsi dengan baik dan dapat memenuhi kebutuhan komunikasi pelanggan di berbagai jalur dan lokasi yang akan dipadati pemudik maupun wisatawan."

Vice President Service Operation Management XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, XL Axiata juga memantau trafik di sejumlah daerah yang meningkat karena kedatangan pelanggan dari daerah lain seperti dari Jabodetabek.

"Pada H-3, trafik  perpindahan keluar dari Jakarta sebesar 14 persen, dan diprediksi pada saat hari H mencapai 20 persen", kata I Gede Darmayusa.

Operator seluler lain, Indosat Ooredoo melaporkan kapasitas jaringannya telah ditingkatkan antara lain untuk kapasitas trafik suara menjadi 39 juta Erlang/hari. Untuk SMS kapasitas ditingkatkan menjadi 4 Miliar SMS/hari. Sementara untuk data, Indosat Ooredoo meningkatkan kapasitas data menjadi 6.389 TeraByte/hari.

Sementara Presiden Direktur Tri Hutchison Three (Tri) Indonesia, Randeep Singh Sekhon mengatakan, mengacu pada tren di tahun lalu, diperkirakan akan terjadi lonjakan trafik Tri di semua layanan, layanan data akan meningkat sekitar 20 persen, SMS 10 persen, dan telepon 15 persen.

"Tri telah mempersiapkan seluruh infrastruktur dan kapasitas jaringan untuk mengawal pelanggan kami yang akan mudik ke kampung halaman maupun yang berlibur,” kata Randeep.

Menkominfo mengapresiasi kerja keras teman-teman operator telekomunikasi.

“Terima kasih laporannya dan jaga semangatnya. Semoga kita bisa melewati lebaran ini dengan baik dan selamat bekerja sampai H+7," kata Rudiantara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com