Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kartu "UFS" Pertama di Dunia, 5 Kali Lebih Kencang dari MicroSD

Kompas.com - 11/07/2016, 08:05 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Setelah microSD, media penyimpanan apa lagi yang akan muncul? Samsung rupanya sudah punya jawaban, yakni kartu memori jenis baru bernama Universal Flash Storage (UFS).

UFS 1.0 Card Extension merupakan standar storage yang ditetapkan oleh Joint Electron Device Engineering Council (JEDEC).

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Senin (11/7/2016), produk Samsung di atas merupakan kartu memori UFS pertama di dunia.

Ukuran kartu memori UFS sama mungilnya dengan microSD, tapi memiliki kecepatan transfer data yang jauh lebih tinggi.

Samsung mengklaim kartu memori UFS bikinannya sanggup membaca data dengan kecepatan mencapai 530 megabyte per detik (Mbps) atau 5 kali lebih kencang dari microSD.

Kecepatan tulis datanya “hanya” 170 megabyte per detik, tapi itupun diklaim Samsung dua kali lebih kencang dibandingkan microSD tercepat sekalipun yang ada saat ini.

“Dengan pengingkatan kinerja ini, kartu UFS 256 GB yang beru bisa dengan signifikan mengurangi waktu download data multimedia, thumbnail foto, dan waktu buffer clearing (DSLR)," sebut Samsung dalam sebuah laman pengumuman.

Selain varian 256 GB, kartu memori UFS Samsung juga tersedia dalam pilihan kapasitas 126 GB, 64 GB, dan 32 GB.

Samsung mengatakan kartu memori UFS cocok dipakai untuk aneka perangkat multimedia yang banyak merekam foto atau video resolusi tinggi, seperti drone, DSLR, hingga kamera VR.

Meski demikian, perlu ditambahkan bahwa masih belum ada perangkat yang mendukung antarmuka UFS sehingga kecepatan tinggi memori ini agaknya belum bisa dirasakan dalam waktu dekat.

Samsung belum mengumumkan jadwal ketersediaan ataupun harga dari produk kartu memori UFS besutannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com