Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Bermain "Pokemon Go"

Kompas.com - 12/07/2016, 19:50 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Pokemon Go baru diluncurkan pekan lalu di beberapa negara. Meski baru berumur jagung, game berbasis augmented-reality itu sudah mencuri perhatian netizen.

Di Indonesia, game ini jadi viral. Hal itu tercermin dari banyaknya obrolan dan guyonan di berbagai linimasa media sosial.

Banyak pemain yang sudah memapankan posisi pada level atas, tak sedikit pula yang masih bingung dengan tata cara bermain Pokemon Go. Beberapa terminologi seperti Pokestop, Pokeball, Gym, dan Candy pun masih dipertanyakan.

Baca: Apa Itu Pokemon Go?

Untuk itu, KompasTekno merangkum secara singkat langkah-langkah dasar bermain Pokemon Go serta istilah-istilah dalam game tersebut.

Pertama-tama, pemain harus mengunduh versi APK Pokemon Ball di Android. Untuk versi iOS, pengguna bisa membuat akun App Store negara Amerika Serikat, Australia, dan Selandia Baru.

Baca: Ini Link Download APK Pokemon Go

Lalu pemain bakal diberi pilihan untuk sign up lewat akun Google atau Pokemon Trainer Club.

Setelah semua proses pendaftaran rampung, pemain diibaratkan sebagai trainer. Pemain bebas memoles penampilan trainer, mulai dari warna rambut, warna kulit, hingga pakaian.

Tugas pemain atau trainer adalah mengumpulkan dan melatih Pokemon yang berseliweran di jalanan. Sekarang, mari kita mulai.

Pokemon pertama

Mula-mula pemain akan diberi kesempatan menangkap Pokemon pertama di manapun pemain berada. Pokemon pertama itu bisa berupa Bulbasaur, Charmander, Squirtle, bahkan sang primadona Pikachu.

Fatimah Kartini Bohang/Kompas.com Pokemon Go diawali dengan menangkap Pokemon pertama.

Pokemon pertama ditangkap menggunakan Pokeball berwarna merah putih. Caranya mudah, cukup arahkan Pokeball ke arah Pokemon, lalu tembak Pokeball ke arah Pokemon.

Di layar, Pokemon seakan-akan berada tepat di depan pemain. Jika tembakan tepat, Pokemon akan masuk ke Pokeball dan menjadi milik pemain.

Berburu pokemon dan item lainnya

Jangan puas dengan satu Pokemon saja. Pemain bisa mengumpulkan sebanyak-banyaknya jenis Pokemon dengan berpindah tempat.

Baca: Ketemu Pokemon yang Sama Berkali-kali, Tangkap atau Lepas?

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com