Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keripik Singkong Asal Indonesia Dijual "E-commerce" China

Kompas.com - 13/07/2016, 08:05 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Produk-produk buatan Indonesia seperti keripik singkong merek "Kusuka" bakal lebih mudah lagi untuk dijual ke pasar China, seiring dengan dibukanya akun khusus Indonesia di toko online milik Alibaba Group, Tmall Global.

Akun khusus atau toko online resmi produk-produk Indonesia di dalam e-commerce Tmall tersebut diberi nama Inamall. Peluncuran Inamall sendiri telah dilakukan pada Jumat (8/7/2016) lalu oleh Menteri Perdagangan, Thomas Lembong.

Produk-produk Indonesia yang saat ini bisa ditemui di Tmall antara lain adalah kopi aromatik Kopi Luwak dari Kapal Api, therapeutic Refreshing Oil Safe Care, keripik singkong Kusuka, dan beragam produk minuman dari Inaco.

"Peluncuran Inamall pada Tmall Global merupakan langkah awal namun nyata yang menegaskan komitmen pemerintah Indonesia untuk mempromosikan perdagangan digital antara perusahaan Cina dan Indonesia," kata Lembong dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Rabu (13/7/2016).

Sementara Managing Director Global Alibaba Group, K. Guru Gowrappan mengatakan bahwa salah satu tujuan Alibaba adalah untuk melayani dua miliar konsumen dan puluhan juta penjual secara global.

"Indonesia, dengan basis konsumen yang besar dan menarik, serta basis UKM yang kuat, memainkan peran penting dan khusus dalam strategi globalisasi kami," kata Gowrappan.

Tmall sendiri merupakan platform e-commerce business to consumer (B2C) terbesar di China yang dimiliki oleh Alibaba Group. Saat ini, Tmall Global melayani lebih dari 307 juta pembeli dengan pangsa pasar e-commerce di China sebesar 47 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com