Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Kalah dari Samsung di Kampung Halaman

Kompas.com - 15/07/2016, 07:21 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Penjualan duo flagship Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge ternyata lebih laris ketimbang dua jagoan Apple, iPhone 6S dan 6S Plus. Setidaknya hal itu terlihat pada data penjualan di kampung halaman Apple, yakni Amerika Serikat (AS).

Data yang dimaksud merupakan temuan lembaga riset pasar Kantar Worldpanel. Isinya menyimpulkan bahwa Apple bukanlah raja ponsel di AS, setidaknya dari sisi penjualan perangkat.

"Dalam periode tiga bulan yang berakhir pada Mei 2016, dari total penjualan ponsel, produk Samsung yang terjual sebanyak 39 persen sedangkan produk Apple hanya 29 persen," tutur Lauren Guenveur, seorang analis dari Kantar Worldpanel.

"Di antara seluruh produk Samsung tersebut, 16 persennya merupakan ponsel Galaxy S7 serta S7 Edge. Sedangkan iPhone 6 dan iPhone 6S Plus cuma 14,6 persen," imbuhnya.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Android Authority, Jumat (15/7/2016), meski riset tersebut menunjukkan penjualan Apple menurun, bukan berarti raksasa teknologi ini mengalami kesulitan keuangan.

Di AS dan Inggris, Apple masih merupakan salah satu dari 10 merek ponsel terlaris. Begitu juga halnya dengan Samsung.

Selain itu, riset pasar yang lain juga mengungkap bahwa keuntungan Apple terus menanjak. Berkurangnya penjualan ponsel mereka tak berpengaruh pada keuntungan tersebut.

Lembaga riset Canaccord Genuity menyebutkan bahwa pada kuartal ketiga 2015, Apple telah berhasil meraup 95 persen dari total keuntungan di industri ponsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com