Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingress Bisa Dipakai untuk Berburu di Pokemon Go

Kompas.com - 17/07/2016, 16:10 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Peta dalam permainan Pokemon Go memiliki banyak kesamaan dengan game lain bernama Ingress. Bahkan ada kemungkinan bahwa peta dalam game yang disebut belakangan, bisa dipakai menjadi alat pemandu berburu Pokemon.

Bagaimana caranya?

Unduhlah game Ingress dari Google Play Store atau iOS App Store. Setelah mendaftar dan memainkan game tersebut, Anda akan menemukan peta yang mirip.

Ingress memiliki dua fitur utama, yaitu Portal dan XM Fields. Bila membandingkan peta Pokemon Go dan Ingress, maka akan terlihat bahwa rata-rata Portal berada di lokasi yang sama dengan Pokestop atau Gym.

Sedangkan XM Fields, yang berbentuk titik-titik putih, jarang sekali menunjukkan lokasi Pokestop atau gym bisa dibandingkan dengan peta Pokemon Go. XM Fields ini bisa jadi merupakan titik-titik yang menunjukkan tempat persebaran Pokemon liar untuk ditangkap.

Walau mungkin tidak selalu akurat, memakai peta Ingress bisa membantu pemain Pokemon Go menghemat waktu. Setidaknya, XM Field pada game tersebut terlihat jelas dan pengguna bisa langsung mendatanginya.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Phone Arena, Minggu (17/7/2016), setelah sampai di lokasi XM Fields, tinggal ganti membuka Pokemon Go dan menyalakan incense atau menunggu kemunculan Pokemon liar.

Tanpa bantuan peta Ingress, pemain akan sulit sekali menemukan Pokemon liar. Pasalnya, Pokemon Go tidak memberi banyak petunjuk mengenai keberadaan monster yang bisa ditangkap itu.

Dalam peta Pokemon Go, monster liar hanya ditandai dengan animasi daun-daun berserakan dan radar yang menunjukkan tiga tingkat kedetakan. Tak ada petunjuk lebih detil.

Sekadar diketahui, Ingress merupakan permainan augmented reality buatan Niantic. Permainan ini dibuat sebelum mereka bekerja sama dengan Nintendo untuk merilis Pokemon Go. Secara garis besar, inti kedua permainan tersebut pun mirip.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com