Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Line Resmi IPO, Jadi yang Terbesar di 2016

Kompas.com - 18/07/2016, 13:50 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber CNBC

KOMPAS.com - Di tengah invasi Pokemon, penyedia layanan pesan instan asal Jepang Line sukses melakukan debutnya di bursa saham New York dan Tokyo pada Kamis (14/7/2016) lalu.

Line yang juga dimiliki oleh perusahaan Korea Selatan Naver itu menawarkan 22 juta lembar saham di AS dan 13 juta lembar saham di Jepang. Harga per lembar sahamnya 42 dollar AS atau sekitar Rp 553.000.

IPO (initial public offering) ini menjadi yang terbesar yang dilakukan oleh perusahaan teknologi pada 2016.

Dikutip KompasTekno dari CNBC, Senin (18/7/2016), saham Line melonjak lebih dari 30 persen setelah penawaran dengan harga tertinggi 44,49 dollar AS. Dengan penawaran saham itu, nilai valuasi Line menjadi sekitar 9 milliar dollar AS atau sekitar Rp 118,4 triliun.

Satu lembar saham Line saat penutupan bursa Kamis lalu dinilai sebesar 41,58 dollar AS.

Line sendiri saat ini mengklaim memiliki 218 juta pengguna aktif bulanan, dimana dua pertiga penggunanya berasal dari Jepang, Taiwan, Thailand, dan Indonesia.

Aplikasi Line adalah aplikasi messenger terbanyak ketujuh di dunia yang paling sering dipakai, bersaing dengan 35 aplikasi pesan isntan lain.

Stiker menjadi revenue utama Line yang berkontribusi 270 juta dollar AS. Stiker-stiker itu dijual dengan harga sekitar 2 hingga 3 dollar AS untuk satu set.

Jung-ho Shin, co-founder Line mengatakan saat ini perusahaan sedang berkonsentrasi utnuk tumbuh di pasar domestik, alih-alih ekspansi ke tingkat global.

Line saat ini juga sedang menjajaki bisnis streaming musik dan transportasi berbasis aplikasi agar bisa bersaing dengan WhatsApp dan WeChat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNBC

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com