Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video di Facebook Bisa Diputar Tanpa Internet

Kompas.com - 20/07/2016, 09:03 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber Lifehacker

KOMPAS.com — Video yang muncul di aplikasi Facebook untuk Android kini bisa ditonton secara offline. Ya, pengguna tak lagi butuh koneksi internet, dengan syarat sudah menyimpan atau mengunduh video tersebut dalam perangkat Android mereka sebelumnya.

Hal itu berkat fitur baru yang diberi nama "Save Video" yang dirilis Facebook mulai hari ini, Rabu (20/7/2016).

Cara melakukannya pun mudah. Pengguna yang sedang membuka video di aplikasi jejaring sosial itu cukup menyentuh menu ikon titik tiga dan memilih tulisan "Save Video".

Selanjutnya, pengguna harus memutar video hingga detik terakhir dengan masih terhubung dengan internet. Bila tidak melakukan cara ini, video yang tersimpan nanti tidak akan bisa ditonton secara offline atau hanya muncul dalam kolom penyimpanan saja.

Seperti dilansir KompasTekno dari Lifehacker, Rabu (20/7/2016), setelah melakukan langkah-langkah tersebut, sentuhlah menu berbentuk hamburger (tiga garis datar) di kanan atas Facebook. Carilah kolom bertuliskan "Saved".

Kolom tersebut berisi video-video yang sudah disimpan dan bisa ditonton secara offline. Pengguna hanya bisa menonton video tersebut melalui aplikasi Facebook, tidak melalui aplikasi pemutar video lain.

Fitur Save Video sebelumnya hanya merupakan uji coba yang dilakukan di India. Namun, saat ini, Facebook telah merilisnya ke semua aplikasi mereka di sistem operasi Android.

Saat berita ini dinaikkan, fitur penyimpanan dan pemutaran video tanpa internet ini belum tersedia untuk platform iOS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Lifehacker

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com