Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapa Saja Kini Bisa Ajukan "Verified Account" di Twitter

Kompas.com - 20/07/2016, 10:24 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Twitter membuka kesempatan bagi masyarakat umum untuk mendapat tanda centang biru pada akunnya. Mulai hari ini, Rabu (20/7/2016), pengguna bisa mengajukan formulir agar akunnya terverifikasi alias verified account.

Sebelumnya, verified account hanya tersedia eksklusif bagi brand maupun figur publik di bidang media, politik, seni, olahraga, dan bisnis. Verified account sendiri berfungsi untuk menandai bahwa sebuah akun dapat dipercaya.

Kesempatan terbuka untuk mendaftarkan verified account mengesankan semua orang bisa mendapat tanda khusus itu. Meski demikian, Twitter menggarisbawahi bahwa formulir yang diajukan akan tetap disaring secara ketat.

"Sebuah akun bisa terverifikasi jika teridentifikasi sebagai kepentingan publik," kata perwakilan Twitter, sebagaimana dikutip KompasTekno, Rabu (20/7/2016) dari TheVerge.

Twitter punya alasan khusus mengapa pihaknya seakan melonggarkan predikat verified account untuk umum. Menurut layanan mikroblog berlogo burung biru itu, ada banyak orang-orang berpengaruh di luar sana yang belum tertangkap radar Twitter.

"Kami ingin memudahkan orang-orang untuk menemukan kreator dan sosok berpengaruh di Twitter. Maka dari itu, masuk akal bagi kami untuk membuka pengajuan akun terverifikasi," kata VP User Service Twitter, Tina Bhatnagar.

Dua di antara beberapa syarat untuk mendapat verified account adalah nama asli dan foto profil yang akurat. Jika sang pengaju menyertakan nama yang aneh dengan foto orang lain, Twitter tak akan mempertimbangkan akun itu sama sekali.

Saat ini, sekitar 310 juta warga maya merupakan pengguna aktif bulanan Twitter. Dari angka itu, 187.000 dibubuhi predikat verified account. Setelah pengajuan umum ini, entah berapa banyak jumlah verified account yang bakal berseliweran.

Anda bisa mengajukan verified account dengan mengisi formulir digital di tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com