Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Maps Punya Fitur "Wi-Fi Only" agar Hemat Kuota

Kompas.com - 26/07/2016, 11:14 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Selain boros baterai, aplikasi peta digital juga memakan banyak data internet. Hal ini dikarenakan teknologi global positioning system atau disingkat GPS yang harus selalu diperbarui mengikuti lokasi pengguna.

Untuk menanggulangi masalah itu, Google Maps menghadirkan fitur baru yang disebut Wi-Fi only. Sesuai namanya, fitur itu memungkinkan pengguna Maps mengunduh data lokasi saat terhubung dengan Wi-Fi.

Jika tak ada akses Wi-Fi, data lokasi pada Maps tak akan melulu diperbarui, sebagaimana dilaporkan AndroidPolice dan dihimpun KompasTekno, Selasa (26/7/2016).

Meski tak melulu di-update, pengguna tetap bisa memanfaatkan Maps untuk menuntun ke lokasi-lokasi pada area yang sering dikunjungi. Hal ini dikarenakan area itu telah terunduh ketika pengguna terhubung dengan Wi-Fi sebelumnya.

Mirip offline mode

Pada prinsipnya, fitur ini sama dengan fitur offline mode yang lebih dulu diluncurkan. Bedanya, fitur offline mode mengharuskan pengguna mengunduh area yang sering dikunjungi terlebih dahulu dengan menggunakan data.

Artinya, pengguna tetap harus mengunduh dengan data di awal. Sementara itu, Wi-Fi only memungkinkan pengguna mengunduh lokasi kapan saja dengan pemanfaatan Wi-Fi secara otomatis. Jadi, pengguna tak perlu mula-mula mengunduh lokasi dengan data. 

Untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna cukup membuka penyetelan Maps, lalu menggulir ke kanan opsi Wi-Fi only. Hanya saja, fitur ini masih diluncurkan secara perlahan. Google menjanjikan semua pengguna sudah bisa memanfaatkannya dalam waktu dekat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com