Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Ponsel yang Mendukung Google "Daydream"

Kompas.com - 26/07/2016, 18:12 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Google sebenarnya belum merilis hardware seperti apa yang cocok untuk menjalankan platform virtual reality (VR) Daydream. Namun dari berbagai kisi-kisi yang sudah disebutkan raksasa mesin pencari itu, pengguna dapat mengetahui ponsel apa saja yang kira-kira cocok.

Kisi-kisi yang pernah disebutkan oleh Google VR Head, Clay Bavor adalah ponsel yang mendukung Daydream antara lain memiliki VR Mode dari Android N, kinerja mumpuni, latensi rendah serta memiliki VR System UI.

Daydream sendiri merupakan platform VR yang dirancang khusus untuk mobile. Saat ini selain sedang membangun platform tersebut, Google juga meyiapkan sebuah ponsel khusus yang tangguh dan benar-benar bisa memanfaatkan Daydream semaksimal mungkin.

Baca: Apa Itu Ekosistem VR Daydream?

Di sisi lain, saat ini juga ada vendor lain yang memakai Android dan membuat perangkat pendukung VR, serta pengguna-penggunanya. Raksasa mesin pencari itu tidak mungkin mengacuhkan mereka dan fokus pada perangkat Daydream buatan sendiri.

Saat ini ada dua ponsel yang sudah dikonfirmasi siap untuk menjalankan platform Daydream, yaitu:

1. ZTE Axon 7

Ponsel ini belum diluncurkan. Namun merupakan salah satu ponsel dengan spesifikasi yang siap untuk menjalankan platform Daydream, yaitu prosesor Qualcomm Snapdragon 82, layar AMOLED serta RAM 4GB.

Hal menariknya, ponsel ZTE Axon 7 dengan dukungan Daydream dan spesifikasi tersebut dibanderol sekitar 399 dollar AS atau setara Rp 5,2 juta.

2. Asus Zenfone 3 Deluxe

Ponsel kedua yang siap mendukung Daydream adalah Asus Zenfone 3 Deluxe. Ponsel ini sebenarnya menggunakan prosesor berupa Qualcomm Snapdragon 820, namun baru-baru ini mereka mengubahnya menjadi Snapdragon 821, seri yang lebih tinggi.

Bila merujuk pada spesifikasi Daydream, sebenarnya Asus Zenfone 3 Deluxe edisi Snapdragon 820 maupun yang terbaru, sama-sama sudah cukup untuk mendukung platform Daydream. Selain itu layarnya menggunakan Full HD Super AMOLED.

Baca: Asus Pamerkan Perangkat VR, Dukung Google Daydream?

Ponsel Merek Lain

Melihat pada dua ponsel tersebut, sebagaimana dilansir KompasTekno dari Android Authority, Selasa (26/7/2016), dapat ditarik teori mengenai ponsel lain yang kemungkinan mendukung Daydream VR.

Halaman:

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com