Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Huawei Selangkah Lagi Kalahkan Apple

Kompas.com - 29/07/2016, 12:42 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber Slashgear

KOMPAS.com - Pabrikan smartphone asal China semakin kuat mengukuhkan posisi di ranah global. Setidaknya begitu yang tergambar dari laporan bisnis kuartal kedua 2016 yang dikeluarkan firma analis IDC.

Dari daftar lima besar vendor dengan penjualan terbesar, tiga di antaranya berasal dari China yakni Huawei, Oppo, dan Vivo. Masing-masing menduduki peringkat ketiga, keempat, dan kelima.

Bahkan, dalam periode mendatang, analis IDC memprediksi Huawei mampu menduduki posisi kedua yang kini ditempati Apple, sebagaimana dilaporkan Slashgear dan dihimpun KompasTekno, Jumat (28/7/2016). Ya, selangkah lagi, Huawei dikatakan bakal bisa melengserkan Apple.

Pasalnya, sudah dua kuartal berturut-turut Apple menunjukkan penurunan penjualan. Kali ini, Apple hanya menjual 40,4 juta unit iPhone atau turun 15 persen dari periode serupa tahun lalu.

Baca: Apple Laporkan Penurunan Penjualan, iPhone Paling Jeblok

SlashGear Lima besar vendor smartphone dengan penjualan terbesar kuartal kedua 2016.

Sementara itu, penjualan Huawei memang lebih rendah, yakni 32,1 juta unit smartphone selama tiga bulan sejak April 2016. Meski demikian, jumlah itu meningkat 8,4 persen dari penjualan kuartal kedua 2015.

Huawei kini menjadi pabrikan dengan pemasaran ponsel terbesar di China. Perlahan, vendor tersebut juga mulai menanam kekuatan di Eropa dan Amerika Serikat lewat Nexus 6P yang bekerja sama dengan Google.

Jika Huawei terus melancarkan strategi ekspansi pasar dan inovasi-inovasi terbaru, para analis yakin Huawei semakin sulit tertandingi di periode-periode mendatang.

Baca: Apple Sudah Jual 1 Miliar iPhone

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Slashgear

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com