Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar "Smartphone" Dunia Melandai

Kompas.com - 30/07/2016, 14:48 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Pengapalan smartphone dunia dilaporkan kembali melandai. Firma riset pasar IDC menyebutkan bahwa angka pengiriman smartphone secara global pada kuartal-II 2016 tercatat sebanyak 343,3 juta unit.

Angkat tersebut, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Venture Beat, Sabtu (30/7/2016), hanya meningkat 0,3 persen dibandingkan kuartal yang sama tahun sebelumnya.

Pertumbuhan angka pengapalan smartphone sudah melandai selama dua kuartal berturut-turut. Kuartal sebelum ini juga hanya mengalami peningkatan sebesar 0,2 persen.

Dari segi pabrikan, Samsung mempertahankan posisinya sebagai penguasa pangsa terbesar di pasar smartphone (22,4 persen) berkat duo smartphone Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge.

IDC Angka pengapalan smartphone global untuk kuartal-II 2016, menurut lembaga riset pasar IDC

“Model-model baru ini memadukan penampilan dan fitur dengan baik dan mendongkrak profit Samsung,” tulis IDC dalam laporannya.

Apple masih bercokol di posisi kedua dengan pangsa pasar 11,8 persen. Tiga urutan berikutnya dalam posisi lima besar pabrikan smartphone dunia dikuasai oleh vendor asal China, yakni Huawei, Oppo, dan Vivo.

“Di luar flagship Samsung Galaxy S7, mayoritas vendor, termasuk Apple, sukses mengedepankan model-model terjangkau dibandingkan ponsel flagship,” kata Research Manager tim mobile phone IDC, Anthony Scarsella.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com