Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SSD Pemecah Rekor Dijual Seharga Mobil

Kompas.com - 02/08/2016, 13:21 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Meski jauh lebih cepat, media penyimpanan tipe solid state drive (SSD) biasanya memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih kecil dibandingkan hard disk konvensional.

Tapi tidak demikian halnya dengan SSD Samsung PM 1633a dari Samsung yang menyediakan ruang storage sebesar 15,56 terabyte.

Produk yang baru diperkenalkan oleh pembuatnya ini merupakan SSD pemecah rekor dengan kapasitas terbesar di dunia, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Selasa (2/8/2016).

Banderol harganya pun terbilang “wah”, mencapai 10.000 dollar AS atau lebih dari Rp 130 juta. Lebih dari cukup untuk menebus sebuah mobil murah.

Samsung PM 1633a bukan hanya SSD paling lega sedunia, tapi sekaligus merupakan hard drive (media penyimpanan komputer, baik yang berbasis flash memory seperti SSD maupun kepingan magnetik seperti hard disk) terbesar, mengalahkan produk hard disk konvensional macam Seagate Barracuda Pro yang memiliki kapasitas hingga 10 terabyte.

Dengan kapasitas dan harganya yang tinggi, Samsung PM 1633a bukan ditujukan bagi pengguna rumahan, melainkan kalangan enterprise, misalnya untuk keperluan data center atau sistem server skala besar.

Sebuah server storage rack 42U standar bisa dijejali 1.000 unit Samsung PM 1633a sehingga memiliki kapasitas lebih dari 15 petabyte. Tentu, ongkos yang dikeluarkan pun bisa mencapai jutaan dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com