Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Pamer 12 Emoji Baru untuk iOS 10

Kompas.com - 02/08/2016, 16:17 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Sebanyak 100 emoji baru dijanjikan segera tersedia pada sistem operasi Apple teranyar, iOS 10. Sebagai teaser, pabrikan Cupertino memamerkan 12 emoji di antaranya.

Emoji-emoji perwakilan itu tak dipilih secara random. Ada sesuatu yang ingin disampaikan Apple kepada khalayak lewat paket teaser tersebut.

Hal yang paling jelas terlihat adalah dukungan Apple terhadap kesetaraan gender. Enam di antara 12 emoji teaser memperlihatkan sosok atlet perempuan.

Dilansir KompasTekno, Selasa (2/8/2016), dari PhoneArena, keenam atlet masing-masing sedang berlari, mengendarai sepeda gunung, berenang, mengangkat beban berat, main basket, dan berselancar di atas papan.

Baca: Mengapa Durex Ngotot Tambah Emoji Kondom?

Selanjutnya, satu emoji memperlihatkan pistol mainan berwarna hijau. Emoji itu disebut sebagai pengganti emoji senapan yang tertera pada paket emoji terdahulu. Penggantian itu mengindikasikan perlawanan Apple terhadap kekerasan.

Terakhir, kesan yang ingin disampaikan Apple lewat paket emoji teaser itu tak lain adalah kesan kekeluargaan dan toleransi. Setidaknya begitu dugaan beberapa orang yang melihatnya.

Pasalnya, Apple mematrikan emoji keluarga. Salah satunya menunjukkan seorang ibu dan anak lelaki, lalu lainnya menunjukkan seorang ayah bersama anak lelaki dan perempuannya.

Apple juga memiliki emoji bendera pelangi. Simbol itu mendeskripsikan penerimaan terhadap keberagaman yang sering merujuk pada orientasi seksual.

Diketahui, penggodokan emoji teranyar untuk iOS 10 merupakan kerja sama antara Apple dengan Unicode Consortium. Lembaga rekanan Apple itu merupakan pematok standar emoji internasional.

Baca: Apple Hapus Gambar Senapan dari Daftar Emoji Baru

Apple, Google, dan Microsoft, selama ini paling getol membantu dan bekerja sama dengan Unicode dalam meluncurkan paket emoji untuk semua perangkat elektronik.

Terlepas dari itu semua, Apple belum mau mengungkap kapan 100 emoji baru untuk iOS 10 dirilis resmi. Kita tunggu saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com