Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Go-Jek Dapat Kucuran Investasi Rp 7,2 Triliun

Kompas.com - 05/08/2016, 09:14 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber TechCrunch

KOMPAS.com — Go-Jek menerima suntikan modal senilai 550 juta dollar AS atau lebih dari Rp 7,2 triliun dari konsorsium global yang terdiri dari sejumlah investor baru, termasuk KKR, Warburg Pincus, Farallon Capital, dan Capital Group Markets.

Investor sebelumnya, yakni Sequoia India, Northstar Group, DST Global, NSI Ventures, Rakuten Ventures, dan Formation Group, juga ikut serta dalam sesi pendanaan kali ini.

Investasi baru yang diterima Go-Jek bakal dipakai untuk menumbuhkan skala operasi dan kualitas layanan-layanannya, termasuk jasa ojek, pengiriman makanan, kurir, e-wallet (Go-Pay), dan mobil panggilan Go-Car.

Baca: Jokowi ke AS, Bos Go-Jek Berharap Startup Lokal Kecipratan Investasi

Informasi yang dirangkum KompasTekno dari TechCrunch, Jumat (5/8/2016), menyebutkan bahwa dengan adanya pendanaan di atas, valuasi Go-Jek mencapai 1,3 miliar dollar AS (sekitar Rp 17 triliun) sehingga bisa disebut sebagai startup “Unicorn” (bernilai di atas 1 miliar dollar AS).

“Kami merasa terhormat dan senang bisa bekerja sama dengan partner-partner kelas dunia,” ujar pendiri sekaligus CEO Go-Jek, Nadiem Makarim, dalam sebuah pernyataan.

“Para peserta sesi pendanaan ini bukan hanya membawa pengalaman global di bidang teknologi, media, dan telelomunikasi, tetapi mereka juga merupakan partner lokal yang berpengalaman.”

Head of Southeast Asia Warburg Pincus mengatakan, aplikasi Go-Jek telah diunduh sebanyak 20 juta kali hingga akhir Juni 2016. Jumlah pesanan tercatat sebanyak 20 juta pada bulan Juni saja.

“Itu berarti ada delapan pesanan yang diproses setiap detiknya pada bulan tersebut,” kata dia.

Go-Jek saat ini memiliki 200.000 pengemudi motor dan mobil. Merchant Go-Food tercatat sebanyak 35.000, masih ditambah dengan 3.000 penyedia layanan lain.

Sementara itu, Grab, rival berat Go-Jek, pada bulan lalu mengumumkan kerja sama dengan Lippo Group untuk menyediakan platform mobile payment. Sejauh ini Grab telah memperoleh pendanaan sebesar 700 juta dollar AS dari investor seperti SoftBank Corp, China Investment Corp, dan Temasek Holdings.

Baca: Pelajaran dari Bobolnya Akun-akun Go-Jek

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber TechCrunch
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com