Begini Cara "Download" Video dan GIF di Twitter - Kompas.com

Begini Cara "Download" Video dan GIF di Twitter

Yoga Hastyadi Widiartanto
Kompas.com - 05/08/2016, 20:10 WIB
Recode.net Trailer film "A Million Ways To Die In The West" yang dijadikan Twitter sebagai bahan uji coba layanan berbagi videonya.

KOMPAS.com - Selain sebagai wadah kicauan real time, Twitter juga memiliki konten video dan gambar bergerak format GIF (Graphic Interchange Format). Anda bisa mengunduh video tersebut menggunakan bantuan aplikasi dari pihak ketiga.

Sebenarnya Twitter hanya memberikan opsi embed yang menyertakan video. Pengguna tidak bisa langsung mengunduh video tersebut.

Bila ingin mengunduhnya, pengguna bisa mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Salah satunya memakai portal savevideo.me yang bisa diakses melalui PC desktop atau perangkat genggam. Cara menggunakannya pun mudah, cukup ikuti panduan berikut ini.

Mengunduh dengan PC desktop

1. Cari video

Tentukan kicauan berisi video yang ingin diunduh dari Twitter. Setelah menentukannya, buka kicauan tersebut dan putar video.

Selanjutnya, salin (copy) URL tweet tersebut dan bukalah savevideo.me di browser. Masukkan (paste) salinan URL tadi ke dalam kolom yang terdapat di portal tersebut.

Savevideo.me Savevideo.me
2. Proses unduhan

Setelah memasukkan salinan URL tweet video, tekan tombol "Download". Maka portal tersebut akan segera memproses video yang Anda inginkan.

Setelah pemrosesan selesai, akan muncul video yang bisa dipilih. Bisa saja hanya berupa satu atau lebih dari dua video.

Sebenarnya kontennya sama. Hanya berbeda dalam hal format, ukuran file, serta kualitas atau ketersediaan suara.

3. Menyimpan video

Setelah pemrosesan selesai, klik kanan pada hasil video yang ingin disimpan/diunduh, kemudian pilih "Save as" dari dalam menu, ganti nama file sesuai yang diinginkan dan tekan enter.

Bila menggunakan perangkat genggam, sentuh hasil pemrosesan tersebut hingga muncul pilihan "Save".

Video dari Twitter itu akan langsung diunduh dan disimpan ke dalam memori komputer atau perangkat genggam.

Mengunduh dengan ponsel Android

Google Play Store Video GIF downloader Twitter

1. Unduh aplikasi downloader

Bagi pengguna ponsel Android, Anda bisa mengunduh video Twitter dengan menggunakan aplikasi Video Gif Downloader yang bisa diunduh di Google Play Store melalui tautan berikut ini.

Video di Twitter sendiri memiliki format yang berbeda dari video-video di YouTube atau Facebook yang umumnya menggunakan format MP4. Video di Twitter lebih seperti foto berurutan yang dijalin berurutan, atau seperti format GIF.

Karena itu, aplikasi ini juga bisa dipakai untuk mengunduh file GIF di Twitter.

2. Copy-paste URL/link Twitter

Video bisa diunduh dengan menggunakan dua cara, yakni meng-copy-paste link Twitter di kolom link unduhan (Paste link of tweet here...), lalu tekan tombol Download yang memiliki logo panah ke bawah yang ada di sampingnya.

Link/URL Twitter itu sendiri bisa didapat melalui menu tiga titik di kanan atas kicauan.

Ist Link Twitter

3. Dengan tombol "Share"

Cara kedua adalah dengan menggunakan tombol "Share" yang ada di bagian kanan bawah kicauan di Twitter. Setelah menekan tombol "Share", pilih ikon aplikasi Video Gif Downloader for Twitter untuk mengunduhnya.

Ist Download video Twitter dengan aplikasi Video Gif Downloader.

Pengguna akan dibawa ke antarmuka aplikasi Video Gif Downloader yang otomatis menjalankan proses unduhan video. Hasil Video kemudian akan ditampilkan di halaman berikutnya setelah proses unduhan selesai.

Untuk file GIF, pengguna harus memutar/menjalankan file tersebut sebelum diunduh.

PenulisYoga Hastyadi Widiartanto
EditorReska K. Nistanto

Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM