Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Android Marshmallow Baru Bisa Dekati Jelly Bean

Kompas.com - 06/08/2016, 15:08 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber SlashGear

KOMPAS.com - Di tengah-tengah antusiasme menyambut sistem operasi masa depan Android 7.0 Nougat, angka distribusi OS versi sebelumnya perlahan merangkak naik.

Data Android Dashboard yang dilansir KompasTekno dari SlashGear, Sabtu (6/8/2016) menyebutkan bahwa sistem operasi Android 6.0 yang dikenal dengan julukan Marshmallow itu kini sudah dipakai oleh 15,2 persen perangkat Android, per 1 Agustus 2016.

Meski demikian, hal tersebut berarti Mashmallow baru mendekati capaian sistem operasi Android yang lebih tua lagi, yakni versi 5.0 alias Jelly Bean di kisaran 16 persen.

Sebagian besar perangkat Android tercatat masih menjalankan OS versi 4.4 (Kitkat) yang hampir berumur 3 tahun semenjak pertama muncul pada smartphone Nexus 5, Oktober 2013 lalu.

Google Distribusi versi sistem operasi Android, per 1 Agustus 2016

Adopsi sistem operasi Android versi baru memang dikenal lamban dibandingkan platform populer lainnya, iOS besutan Apple.

Ini karena update software bergantung pada masing-masing produsen perangkat. Belum tentu tiap gadget akan memperoleh pembaruan ke versi terkini.

Satu-satunya gadget yang “dijamin” mendapat update adalah keluarga Nexus bikinan Google sendiri (melalui kemitraan dengan rekanan produsen hardware).

Marshmallow pun baru mencapai angka 15 persen setelah beredar selama setahun. Sebagian kecil perangkat masih berkutat di Android versi lawas seperti Ice Cream Sandwich (4.0.4), Gingerbread (2.3.3), bahkan Froyo (2.2).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SlashGear

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com