Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Browser Android untuk Kebutuhan Berbeda

Kompas.com - 08/08/2016, 20:04 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Browser untuk perangkat genggam biasanya cenderung sederhana dan miskin fitur, dibandingkan versi desktop-nya. Tapi ini bukan berarti seluruhnya browser mobile itu tak berguna.

Browser mobile, termasuk Android, rata-rata merupakan pengecilan dari versi desktop dan fokus pada satu hal tertentu.

Pengguna mungkin sedikit kebingungan bila harus memilih satu dari banyak browser yang beredar di Play Store.

Karena itu, dilansir KompasTekno dari Digital Trends, Senin (8/8/2016), berikut ini adalah rangkuman 5 browser terbaik di perangkat genggam, agar Anda bisa membandingkan sebelum memilihnya.

1. Google Chrome

Browser Chrome saat ini seolah identik dengan internet. Sejak diluncurkan untuk sistem operasi Android pada 2012 silam, browser ini telah dipakai dan melekat dalam benak banyak orang.

Fitur-fitur di dalamnya fokus pada persoalan fleksibilitas pengguna. Misalnya memberi saran seketika saat pengguna mulai mengetik di kolom pencarian, meyalakan mode privasi, hingga menuliskan seluruh info pengguna ke dalam formulir secara otomatis.

Anda bisa mengoptimalkan browser ini jika memiliki akun Google. Akun ini berfungsi untuk menyamakan data dalam seluruh browser Google yang Anda pakai, baik mobile atau desktop.

Ada juga fitur "Data Saver", yang berfungsi memperkecil ukuran sebuah web sehingga saat dibuka hanya akan mengonsumsi sedikit kuota internet.

Chrome cocok untuk dipakai oleh siapa pun yang sudah menggunakan berbagai produk dari ekosistem Google.

Klik tautan berikut ini untuk mengunduhnya.

2. Mozilla Firefox

Mozilla telah merilis Firefox sejak 2002 silam, namun edisi Android baru meluncur pada 2012. Salah satu hal menonjol dari browser ini adalah ketersediaan ekstensi (fitur tambahan).

Firefox untuk Android bisa memakai ekstensi buatan perusahaan lain. Misalnya AdBlock Plus yang memblokir iklan, Speechify yang membacakan teks, serta LastPass untuk mengelola password.

Fitur lain yang menarik dari Firefox adalah mode malam hari. Saat mode ini diaktifkan, maka browser akan meredupkan warna situs web yang sedang dibuka untuk mengurangi ketegangan mata.

Halaman:

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com