Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iklan Google Sindir “Penderitaan” Pemilik iPhone 16 GB

Kompas.com - 09/08/2016, 12:35 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Pemilik iPhone dengan kapasitas storage 16 GB kerap “menderita” gara-gara kehabisan ruang penyimpanan. Akibatnya, perangkat seringkali tak mau menyimpan foto yang dijepret.

Penderitaan inilah yang diangkat sebagai bahan sindirian oleh Google dalam iklan terbaru yang mempromosikan layanan Google Photos, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Next Web, Selasa (9/8/2016).

Di dalamnya tampak para pengguna gadget yang hendak memotret dengan smartphone ketika melakukan berbagai aktivitas, mulai dari pose selfie standar hingga skydiving.

Tiba-tiba muncullah peringatan “storage full” yang menyebalkan itu. Foto yang baru saja dijepret tak tersimpan. Momen pun terlewat dan terpaksa diulang (kalau memang bisa diulang).

Bentuk peringatan “storage full” yang ditampilkan Google ini terlihat mirip dengan notifikasi serupa yang muncul pada perangkat iOS, lengkap dengan sound effects.

Peringatan “storage full” juga bisa terjadi pada iPhone dengan media internal 32 GB, 64 GB, hingga 128 GB sekalipun, tapi paling sering ditemui pada varian 16 GB yang paling terbatas soal ruang penyimpanan.

Si iklan sendiri hendak menyampaikan pesan soal layanan “free up space” besutan Google Photos yang bisa membebaskan memori perangkat dengan mengirim dan menyimpan foto ke jaringan cloud Google. Tayangan selengkapnya bisa disimak dalam video di bawah.


Apple sebenarnya memiliki layanan serupa bernama iCloud, tapi pengguna dikenakan biaya sebesar 99 sen untuk kapasitas 50 GB.

Sementara, Google menggratiskan layanannya dengan kapasitas penyimpanan tak terbatas untuk foto berukuran hingga 16 megapiksel dan video dengan resolusi hingga 1.920 x 1.080.

Adapun Apple tetap memproduksi dan menjual iPhone dengan kapasitas media penyimpanan 16 GB dari generasi ke generasi, meskipun sudah sangat tidak memadai untuk ukuran sekarang.

iPhone pun sedari dulu tidak menyertakan slot kartu microSD sehingga pengguna hanya punya sedikit pilihan kecuali menghapus file untuk membebaskan ruang penyimpanan.

Terakhir, iPhone 6S dan iPhone SE masih datang dengan media penyimpanan 16 GB. Namun hal ini diprediksi bakal berubah pada iPhone berikutnya, di mana Apple disebut akan menghilangkan varian dengan besaran memori yang terbatas itu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com