Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook: Pecinta Kucing Mudah Bosan, Pecinta Anjing Lebih Bergairah

Kompas.com - 09/08/2016, 13:35 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Belakangan netizen kerap mematrikan atribusi cat person atau dog person pada keterangan profil media sosial. Seperti namanya, cat person merujuk pada mereka yang gemar dengan kucing, sementara dog person lebih suka pada anjing.

Tim peneliti di Facebook mencoba mengidentifikasi karakter dan preferensi selera dari masing-masing kelompok. Mereka mengamati perilaku lebih dari 160.000 pengguna Facebook yang melabeli diri sebagai cat person atau dog person.

Secara garis besar, kelompok cat person memiliki karakter-karakter yang beririsan seperti gampang bosan, emosional, dan kesepian. Secara kontradiktif, dog person lebih bergairah, semangat, dan bersyukur. 

Facebook perbandingan karakter cat person dan dog person di facebook.

Meski demikian, tak perlu serta-merta sedih jika Anda adalah seorang cat person. Menjadi penyuka kucing belum tentu lekat dengan hal-hal negatif.

Dilansir KompasTekno, Selasa (9/8/2016) dari TheNextWeb, cat person memiliki selera film dan buku yang lebih baik ketimbang dog person.

Film yang rata-rata disukai para cat person antara lain Trainspotting dan A Clockwork Orange. Keduanya merupakan film yang diakui kualitasnya oleh para sineas. Berdasarkan ceritanya, kedua film itu juga mengasah nalar penontonnya tentang kondisi sosial masyarakat.

Di lain sisi, kaum dog person kebanyakan menyukai film-film ringan dan menghibur seperti Step Up, The Hangover, Dear John, dan The Notebook. Daftar film komedi dan drama itu mudah dipahami meski tak bisa pula dibilang jelek.

Dari sektor buku, cat person lebih menyukai fiksi klasik dengan bahasa sastra yang lebih rumit. Beberapa contohnya adalah Alice in Wonderland, Van Gogh: The Life, dan buku-buku Stephen King yang bisa dibilang filosofis.

Sementara itu, dog person lebih menyukai buku-buku yang tengah naik daun alias best-seller. Beberapa yang menarik perhatian mereka adalah The Help, Lessons from Rocky, dan Marley & Me.

Hasil penelitian juga menunjukkan cat person lebih memilih kualitas dibandingkan kuantitas dalam bersosialisasi. Hal ini berbeda dengan dog person yang lebih membumi dan punya banyak teman.

Jadi, Anda adalah cat person atau dog person?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com