Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MediaTek Perkenalkan Prosesor Kelas Atas Helio X30

Kompas.com - 10/08/2016, 08:34 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - MediaTek, pabrikan China pembuat chip gadget, awal pekan ini memperkenalkan prosesor kelas atas terbarunya yang bernama Helio X30.

Seperti dua chip sebelumnya, Helio X20 dan X25, Helio X30 diperkuat 10 inti CPU dengan arsitektur tri-cluster dan dibuat dengan proses fabrikasi 10nm FinFET.

Informasi yang dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Rabu (10/8/2016), menyebutkan bahwa empat dari sepuluh inti CPU dalam Helio X30 merupakan core Cortex A-73 2,8 GHz untuk menangani tugas berat.

Tugas-tugas ringan ditangani oleh dua inti Cortex A-35 berkecepatan 2 GHz. Sisanya adalah empat core Cortex A-53 2,2 GHz.

Pengolah grafis yang dibenamkan dalam Helio X30 adalah PowerVR 7XT yang memiliki empat inti GPU. Kinerja grafis chip ini dioptimalkan untuk mengolah aneka aplikasi VR di gadget mobile.

Selain itu ada pula dukungan RAM LPDDR4 POP 1.600 MHz hingga 8 GB, model LTE Cat. 12 dengan three carrier agregation, serta dukungan resolusi foto dan video masing-masing hingga 40 megapiksel dan 24 megapiksel.

Helio X30 mampu merekam video dengan frame rate 60 FPS dengan kamera 16 megapiksel, sementara kamera 8 megapiksel bisa merekam frame rate hingga 120 FPS.

Sebagai chip high-end, Helio X30 digadang-gadang bakal menjadi otak smartphone kelas atas. Tapi konsumen masih harus menunggu setahun lagi sebelum produk pertama yang mengusung chip ini muncul di pasaran.

Smartphone dengan chip Helio X30 diperkirakan baru akan mulai dijual pada paruh kedua 2017.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com