Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seagate Rilis SSD Pemecah Rekor 60 TB

Kompas.com - 10/08/2016, 10:52 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber ENGADGET

KOMPAS.com - Maret lalu, Samsung memperkenalkan media penyimpanan solid-state drive (SSD) dengan kapasitas terbesar di dunia. Mampu menampung file 15,36 TB, SSD itu dinamai PM1633a.

Belum genap setahun, posisi PM1633a dilengserkan oleh SSD buatan Seagate. Lebih besar sekitar empat kali lipat, Seagate mengumumkan SSD pemecah rekor baru berkapasitas 60 TB.

Dilansir KompasTekno, Rabu (10/8/2016) dari Engadget, hard drive tersebut mampu menampung sekitar 12.000 film dan bahkan 400 juta foto. Ini tentu cocok bagi Anda yang gemar membidik gambar atau nonton film.

SSD tersebut tampaknya lebih cocok untuk kepentingan enterprise. Seagate membuat SSD jumbo itu khusus untuk enterprise sekaligus menambah portofolionya di bidang pusat data alias data center.

Baca: SSD Pemecah Rekor Dijual Seharga Mobil

Menurut pihak Seagate, SSD jumbonya dibangun dengan arsitektur yang simpel dan fleksibel. Di masa depan, arsitektur yang sama diklaim mampu mengakomodasi file hingga 100 TB.

Saat ini SSD 60 TB itu masih tersedia dalam bentuk produk demo. Seagate telah mematok 2017 sebagai tahun peluncuran resmi media penyimpanan tersebut.

Walau dikatakan fleksibel dengan ukuran compact, Seagate belum bisa mengungkap ukuran pasti SSD buatannya. Yang jelas, kapasitas SSD Seagate menjadi yang terbesar saat ini.  

Baca: Hard Disk 10 TB untuk PC Konsumer Dijual Rp 7 Juta

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ENGADGET

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com