Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Depan, Ponsel dan MiFi Smartfren Adopsi Internet 300 Mbps

Kompas.com - 11/08/2016, 10:53 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

UBUD, KOMPAS.com - Smartfren bersiap mengadopsi teknologi LTE Cat 6 untuk produk-produk ponsel dan perangkat modem MiFi-nya. Dengan teknologi itu, koneksi data yang dimungkinkan secara teori bisa mencapai 300 Mbps.

Head of Smartphone Smartfren, Sukoco Purwokardjono, menuturkan bahwa ponsel Andromax dan MiFi dengan dukungan LTE Cat 6 bikinan Smartfren sendiri baru bisa dijajal tahun depan.

Salah satu hambatan mengapa anak usaha Sinar Mas Group ini tidak segera mengadopsi teknologi LTE Cat 6 di handset-nya saat ini adalah harga chipset yang masih tergolong tinggi.

"Chipset yang mendukung Cat 6 masih mahal," ujar Sukoco.

Bagi yang sudah tidak sabar, Sukoco membeberkan bahwa perangkat-perangkat open market handset (OMH) yang dijualnya sudah ada yang dilengkapi dengan LTE Cat 6 tahun ini juga.

OMH sendiri merupakan perangkat yang disediakan oleh vendor lain, tetapi bisa menggunakan jaringan 4G milik Smartfren.

"Cat 6 akan mulai tahun ini, tapi mulai dari handset open market  dahulu, ada dukungan carrier agregation juga yang menggabungkan kanal jika kosong," ujar Sukoco di sela acara temu media di Ubud, Bali, Rabu (10/8/2016).

Dengan dukungan LTE Cat 6 dan carrier agregation, maka pengalaman berinternet di sisi pengguna diharapkan konsisten dan lebih bagus lagi.

"Kami sudah mengujinya dengan beberapa handset open market, nanti kami umumkan," tutur Sukoco tanpa memberikan rincian lebih lanjut kapan handset itu dirilis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com