Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fotografer Olimpiade Pakai Robot Bawah Air

Kompas.com - 11/08/2016, 19:17 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber CNN Money

KOMPAS.com - Fotografer Getty Images Al Bello sudah 11 kali meliput Olimpiade. Tahun ini, untuk pertama kalinya dia memakai bantuan robot untuk memoret aneka cabang olahraga air di Olimpiade 2016 di Rio di Jenairo, Brasil, termasuk renang, diving, dan synchronized diving.

Robot yang dipasangkan dengan kamera DSLR ini ditempatkan di dasar kolam renang. Lensanya menghadap ke atas sehingga bisa mengambil gambar para atlet renang dari bawah saat mereka sedang beraksi. Hasilnya adalah foto yang terlihat dramatis.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari CNN Money, Kamis (11/8/2016), Bello mengendalikan robot dari jarak jauh dengan remote. Di hadapannya terletak sebuah layar untuk memperlihatkan pandangan kamera.

Al Bello/ Getty Images Contoh foto yang dijepret dengan bantuan robot bawah air Getty Images

Arah lensa kamera bisa digerakkan ke beberapa penjuru agar memperoleh framing yang dikehendaki. Berkat sang robot, fotograter pun tak perlu salah framing karena tak bisa melihat subyek sewaktu memotret.

“Dulu, dengan menempatkan kamera yang hanya diam di bawah air, Anda harus membayangkan dulu foto seperti apa yang Anda mau,” ujar Bello. “Ini membatasi karena Anda hanya bisa menebak-nebak di mana subyek akan berada saat kamera dijepret.”

Penggunaan robot untuk memotret dalam ajang Olimpiade sebenarnya bukan hal yang benar-benar baru. Sebelumnya, pada Olimpiade 2012 di London, Inggris, agensi foto Reuters pernah melakukan hal serupa.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN Money


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com