Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Juara Kompetisi "Dota 2" Bawa Pulang Hadiah Rp 119 Miliar

Kompas.com - 15/08/2016, 14:08 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber Ibtimes

KOMPAS.com — Pertandingan game tingkat dunia Dota 2, The International 2016, resmi berakhir dengan melahirkan juara baru.

Tim asal China, TI6: Wings Gaming berhasil mengalahkan tim Digital Chaos pada partai puncak dengan skor 3-1, Minggu (14/8/2016).

Atas kemenangan tersebut, anggota tim Wings Gaming langsung menjadi miliarder. Pasalnya, pemenang kompetisi diganjar dengan hadiah uang tunai sebesar 9,1 juta dollar AS atau sekitar Rp 119 miliar.

Satu tim sendiri beranggotakan lima orang. Itu artinya, jika dibagi rata, setiap anggota berhak mendapat Rp 23,8 miliar.

Valve Inilah juara The International 2016, TI6: Wings Gaming!

Digital Chaos, sebagai runner-up, masih mendapat hadiah uang tunai dengan nilai yang tidak kalah mentereng, yakni 3,4 juta dollar AS atau sekitar Rp 44 miliar.

Total hadiah untuk The International 2016 sendiri diklaim sebagai yang terbesar. Valve, penyelenggara kompetisi, menyediakan hadiah total sebesar 20,7 juta dollar AS atau sekitar Rp 271 miliar.

Hadiah tersebut dikumpulkan dari pembelian item dalam Dota 2 selama ini.

Hadiah itu juga memecahkan rekor sebelumnya untuk The International 2015 dengan total uang tunai sebesar 18,4 juta dollar AS atau Rp 241 miliar.

Keberadaan Wings Gaming pada final The International 2016 bisa dikatakan sangat mengejutkan. Pasalnya, kedua tim tersebut merupakan nama baru dalam kompetisi.

Sebagaimana KompasTekno rangkum dari IBTimes, Senin (15/8/2016), Digital Chaos yang beranggotakan pemain dari Ukraina, Romania, AS, Denmark, dan Macedonia ini baru terbentuk pada Maret 2016 lalu.

Sementara itu, Wings Gaming yang beranggotakan pemain asal China seluruhnya baru terbentuk pada Agustus 2015.

Sebelumnya, tim-tim besar, seperti Fnatic dan TNC, lebih dijagokan menjuarai turnamen tahunan ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Ibtimes
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com