Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

80 Persen Pengguna Android Terancam Dimata-matai

Kompas.com - 18/08/2016, 06:49 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Sebanyak 80 persen perangkat Android rentan terhadap serangan mata-mata. Persentase itu senilai dengan lebih kurang 1,4 juta unit smartphone atau tablet yang tersebar di seluruh dunia.

Setidaknya begitu menurut temuan firma keamanan Lookout, sebagaimana dilaporkan TheNextWeb dan dihimpun KompasTekno, Kamis (18/8/2016).

Temuan itu mengidentifikasi bug pada Android KitKat 4.4 ke atas. Bug tersebut bisa digunakan untuk mengeksploitasi dan memata-matai akses internet pengguna melalui perambannya.

Kabar buruk lainnya, peretas bisa mendengarkan komunikasi antara pengguna yang diretas dengan orang lain atau kerap disebut man-in-the-middle-attack. Serangan itu bisa dilakukan tanpa persetujuan jaringan komunikasi yang dipakai pengguna.

Meski bug tersebut bisa dieksploitasi, kata perwakilan Lookout, peretas tak akan gampang melakukannya. Peretas butuh waktu sekitar satu menit untuk menyerang satu pengguna.

Jadi, bug itu tak bisa dimanfaatkan untuk melakukan serangan massal. Sang peretas hanya bisa menargetkan pengguna satu per satu.

Selain itu, Google mengatakan bahwa tim engineer-nya sudah mengetahui kerentanan tersebut dan menyiapkan strategi penanggulangan jitu. Entah kapan perbaikan itu bisa dipastikan kepada seluruh pengguna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com