Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponsel Nokia Dipastikan Hadir Akhir Tahun Ini

Kompas.com - 18/08/2016, 08:56 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Kembalinya Nokia ke industri ponsel agaknya tak lama lagi bakal terwujud. Laporan terbaru menyebutkan bahwa ponsel Android Nokia bakal meluncur pada akhir tahun ini.

Kabar tersebut mengemuka dari Negeri Tirai Bambu. Dalam sebuah wawancara dengan koran The Paper, Presiden Nokia Networks China Mike Wang memastikan bahwa perangkat Android bikinan vendor Finlandia itu bakal diumumkan pada kuartal-IV 2016.

Seperti dirangkum KompasTekno dari Android Authority, Kamis (18/8/2016), disebutkan bahwa akan ada tiga atau empat perangkat dari jenis smartphone dan tablet. Peluncurannya sendiri bisa molor hingga awal 2017, tergantung pada waktu yang diperlukan untuk proses pengembangan produk.  

Nokia kini tak seperti Nokia dulu. Divisi ponselnya dulu telah dilego ke Microsoft pada 2014.

Proses perancangan untuk ponsel Android baru Nokia  ditangani oleh HMD Global, perusahaan yang memegang lisensi untuk brand “Nokia”. HMD Global didirkan oleh para mantan karyawan Nokia dan Microsoft.

Sementara, produksinya dilakukan oleh FIH Mobile, anak perusahaan Foxconn di China yang menjalin kemitraan dengan HMD Global.

Ponsel Android baru Nokia kabarnya bakal terdiri dari dua varian yang dibedakan dari ukuran layar, yakni versi 5,5 inci dan 5,2 inci. Keduanya diperkirakan bakal memiliki prosesor Snapdragon 820, kamera 22 megapiksel, serta bodi berbahan logam yang anti air dan debu..

Belum ada informasi mengenai tablet Android yang kabarnya juga bakal ikut dirilis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com