Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xiaomi Bersiap Menyerbu Markas Apple

Kompas.com - 22/08/2016, 07:02 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber Bloomberg

KOMPAS.com - Meski populer di pasar negara-negara berkembang, seperti Indonesia dan India, gadget Xiaomi selama ini absen dari pasaran negeri Paman Sam.

Tapi hal tersebut kemungkinan bakal segera berubah. Pasalnya, Xiaomi sedang bersiap memasuki AS “dalam waktu dekat”, menurut penuturan VP Global Xiaomi, Hugo Barra, dalam sebuah interview yang dirangkum KompasTekno dari Bloomberg, Senin (22/8/2016).

“Pasar Amerika Serikat tentu ada dalam bidikan kami,” ujar Barra yang sebelumnya bekerja sebagai eksekutif di Google itu.

“Kami akan memulai dengan media sosial, lewat kanal-kanal yang memungkinkan kami menjangkau generasi muda yang antusias dengan teknologi. Kami pasti akan ke sana (AS),” lanjut dia.

Amerika Serikat adalah “markas” Apple, perusahaan yang kesuksesannya di industri gadget sering dibandingkan dengan Xiaomi.

Baca: Xiaomi Bakal Bangun 1.000 Toko Ponsel

Barra sebelumnya telah mengindikasikan niat Xiaomi memasuki AS. Kini, perusahaan asal Negeri Tirai Bambu itu memiliki posisi lebih baik setelah mengakuisisi hampir 1.500 paten teknologi dari Microsoft.

Akuisisi tersebut bisa memuluskan jalur hukum terkait properti intelektual Xiaomi dalam upayanya melebarkan sayap.

Barra belum memastikan kapan pastinya Xiaomi akan melakukan debut di AS. Dia mengatakan Xiaomi sebenarnya sudah mulai menjual aksesori seperti gelang pintar dan earbud ke konsumen AS lewat jalur online.

“AS adalah pasar yang penting untuk brand elektronik konsumer dan gaya hidup, untuk kami juga pastinya. Kami harus mengatur timing dengan seksama,” pungkasnya.

Baca: Seperti iPhone, Ponsel Xiaomi Makin Merosot

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Bloomberg

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com