Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karyawan China Didenda karena Tidak "Like" Posting-an Bos di Medsos

Kompas.com - 22/08/2016, 10:39 WIB

KOMPAS.com - Sebuah perusahaan travel di China mendenda 200 karyawannya masing-masing sebesar 50 yuan (sekitar Rp 100.000) gara-gara mereka tidak memberikan komentar di akun jejaring sosial milik CEO-nya.

CEO perusahaan perjalanan tersebut yang diketahui bernama Zhang Ming, dikutip KompasTekno dari China Daily, Senin (22/8/2016), memang biasa mengunggah status berupa kalimat pemberi semangat (motivational quote) di akun Weibo miliknya.

Weibo adalah jejaring sosial populer di China yang mirip dengan Twitter. Setiap posting-an Zhang di Weibo memang selalu diikuti dengan ratusan komentar karyawannya, kebanyakan hanya berupa emoji yang artinya "suka" atau seperti "Like" di Facebook/Twitter.

Zhang juga dilaporkan memiliki kebiasaan unik. Karyawannya diminta membaca update statusnya secara lantang menggunakan loudspeaker setiap pagi di kantor secara bergantian.

Zhang sendiri menolak untuk berkomentar setelah diminta memberikan penjelasan atas keputusannya menjatuhkan denda tersebut. Namun, di akun Weibo-nya, ia menulis kesuksesan perusahaan bisa diraih berkat "berbagi pemikiran dan kemampuan menjalankan perintah dengan baik."

Sementara Zhao Ruxin, Manajer Marketing perusahaan yang berpusat di Jinan City, provinsi Shandong itu, mengatakan bahwa tujuan Zhang sebenarnya baik, yakni untuk meningkatkan moral karyawannya, terutama mereka yang butuh bimbingan.

Namun, beberapa karyawan perusahaan justru mengatakan sebaliknya, praktik tersebut dinilai tidak masuk akal dan melanggar undang-undang perburuhan, walau tidak ada satu pun yang berani melawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com