Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Penyebab Gangguan Layanan Smartfren Pekan Lalu

Kompas.com - 22/08/2016, 14:10 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Smartfren mengakui jaringannya mengalami gangguan pada akhir pekan lalu. Menurut Smartfren, gangguan terjadi karena kala itu pihaknya melakukan proses optimasi sistem layanan data 4G LTE dan voice over LTE (VoLTE).

"Selama proses tersebut dilakukan terjadi ketidakstabilan jaringan dan berpengaruh kepada beberapa pelanggan secara acak," ujar Direktur Smartfren Telecom, Merza Fachys, dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Senin (22/8/2016).

"Untuk itu Smartfren menyampaikan permohonan maaf sebesarnya," imbuh Merza.

Proses optimasi jaringan dan layanan 4G LTE tersebut dilakukan Smartfren di area pelayanan wilayah Barat dengan cakupan meliputi Jawa Barat, Jabodetabek, dan Sumatra pada akhir pekan lalu. Karena itu, gangguan sempat terjadi di wilayah-wilayah yang disebut tadi.

Saat ini, proses tersebut dikatakan telah selesai dijalankan.  "(Optimalisasi) Telah selesai pada 20 Agustus 2016," tutur Merza.

Baca: Jaringan 4G LTE Smartfren Mengalami Gangguan

Seperti diketahui, jaringan Smartfren pada Jumat (19/8/2016) malam dikeluhkan mengalami gangguan oleh para pelanggan. Akun Twitter operator seluler Smartfren @smartfrencare juga mengunggah kicauan berupa pemberitahuan adanya gangguan jaringan 4G LTE.

Tweeps, saat ini kami sedang mengalami penurunan kualitas layanan daya & VoLTE untuk seluruh wilayah,” tulis akun tersebut.

Gangguan yang dialami pelanggan Smartfren berupa perangkat yang tidak bisa tersambung ke jaringan.

Akun @smartfrencare menjawab bahwa gangguan jaringan memang masih terjadi di area Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Sumatra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com