Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bekraf Ingin Setarakan "Startup" di Kota dan Daerah

Kompas.com - 24/08/2016, 12:26 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menyadari adanya ketimpangan informasi dan pengetahuan antara startup kota dan startup daerah. Meski demikian, Bekraf yakin semuanya memiliki potensi sama besar.

Karena itu Bekraf memberi panggung khusus bagi startup daerah untuk turut serta ke ajang dunia "Startup Worldcup" di Silicon Valley pada Maret 2017 mendatang.

Di ajang dunia yang diselenggarakan perusahaan model ventura Fenox VC tersebut, tiga startup daerah menjadi peserta acara. Mereka tak akan berlomba dengan para startup terpilih dari seluruh dunia.

"Startup daerah tak bisa semua langsung dikompetisikan dengan anak Jakarta. Makanya kami bikin roadshow khusus dan yang terpilih dibawa juga ke Silicon Valley," kata Deputi II Bidang Akses Pemodalan Bekraf, Fadjar Hutomo, Rabu (23/8/2016), usai pengumuman pemenang Startup Worldcup regional Asia Tenggara, di Balai Kartini, Jakarta.

Fadjar berharap pengalaman ke Silicon Valley nantinya bakal memberikan pelajaran berharga bagi startup daerah. Setidaknya, kata Fadjar, startup daerah bisa merasakan suasana kompetisi global dan menerima wawasan baru.

"Di lain kesempatan mereka bisa termotivasi untuk menaikkan level," ia menuturkan.

Ketiga startup daerah terpilih itu adalah Azzam Trade, Paprika, dan Ojesy. Masing-masing baru memasuki tahap awal merintis usaha digital.

Mereka fokus di sektor berbeda dan disaring melalui proses roadshow ke enam kota, yakni Yogyakarta, Balikpapan, Bandung, Medan, Surabaya, dan Makassar. Pemilihan enam kota itu didasarkan pada pertimbangan potensi daerahnya, apakah ekosistem startup sudah tumbuh baik atau belum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com