Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Rilis Z2, "Smartphone" Tizen Rp 900.000-an

Kompas.com - 24/08/2016, 14:00 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber SamMobile

KOMPAS.com - Samsung resmi merilis smartphone terbarunya bernama Z2 di India. Perangkat yang satu ini dapat dikatakan cukup unik karena tidak berbasiskan Android, tetapi Tizen.

Z2 sendiri merupakan smartphone ketiga Samsung yang dibekali dengan sistem operasi mobile tersebut.

Samsung memosisikan Z2 dalam kelas low-end. Hal tersebut terlihat dari banderol harga yang relatif murah, yakni 4.590 rupee atau sekitar Rp 926.000.

Secara spesifikasi, ponsel ini lebih bagus dibanding seri Z1 yang lebih dulu meluncur. Namun, tidak lebih baik dibandingkan Z3, yang juga sudah lebih dulu dirilis.

Dilansir KompasTekno dari SamMobile, Rabu (24/8/2016), raksasa teknologi Korea Selatan itu membekali Z2 dengan layar ukuran 3,97 inci, prosesor quad-core Spreadtrum, dan RAM 1 GB. Memori internalnya berkapasitas 8 GB dan dapat diperluas menggunakan kartu memori microSD.

Soal pengabadian gambar, Samsung Z2 memakai kamera utama 5 megapiksel dan kamera depan VGA. Semua spesifikasi tersebut menjalankan sistem operasi Tizen 2.4 dan memakai tenaga dari baterai berkapasitas 1.500 mAh.

Meski tidak dibekali spesifikasi yangg terlalu mentereng, Samsung Z2 sudah mendukung jaringan 4G LTE.

Ponsel Samsung Z2 ini sementara waktu hanya beredar di India dan ditujukan pada pengguna kelas pemula. Belum diketahui apakah Samsung memiliki rencana untuk menghadirkannya di negara lain.

Sekadar diketahui, Tizen merupakan sistem operasi berbasis Linux. Proyek pengembangan Tizen dilakukan antara lain oleh Linux Foundation, Samsung, Intel, dan Technical Steering Group.

Selain ponsel seri Z di atas, Samsung juga telah memasang sistem operasi Tizen pada berbagai perangkat lain, di antaranya Samsung Galaxy Camera dan Gear.

Baca: Dijual Rp 899.000, Samsung Z2 Kapan Beredar di Pasaran?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SamMobile

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com