Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sedang Di-"charge", Galaxy Note 7 Hangus Terbakar

Kompas.com - 25/08/2016, 09:14 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Samsung baru saja mengirimkan smartphone terbarunya, Galaxy Note 7, kepada para pemesan di beberapa negara tertentu. Namun, siapa sangka, sudah terjadi satu kasus perangkat yang meledak.

Seorang netizen di China baru-baru ini mengunggah beberapa foto yang menunjukkan nasib tragis Samsung Galaxy Note 7 miliknya. Ponsel tersebut terlihat gosong dan sebagian besar casing belakangnya meleleh. Ia menceritakan, perangkat tersebut terbakar saat sedang di-charge.

Sekilas terlihat bekas ledakan di bagian tepi kiri ponsel tersebut. Melihat posisi ini, sebagaimana dilansir KompasTekno dari BGR, Kamis (25/8/2016), dapat disimpulkan bahwa baterai Samsung Galaxy Note 7 itu meledak.

Samsung Galaxy Note 7 sebenarnya merupakan produk seumur jagung dan belum ada kasus ledakan yang terdokumentasi. Orang-orang mungkin akan bertanya-tanya apa penyebabnya.

Penyebab pastinya sebenarnya belum diketahui. Samsung juga belum mengeluarkan pernyataan terkait masalah ini.

Menurut analisis dari BGR, kemungkinan Galaxy Note 7 itu meledak karena si netizen menggunakan aksesori pengisian daya dari pihak ketiga.

Phandroid Bagian putih pada ujung kabel charger Samsung Galaxy Note 7 ini merupakan sambungan adapter Micro USB to USB tipe C
Salah satu foto yang diunggah memang menunjukkan bahwa sang netizen melakukan sedikit improvisasi saat men-charge Samsung Galaxy Note 7 tersebut.

Meski tampaknya menggunakan adapter Micro USB ke USB Type-C yang diberikan Samsung, tetapi kabel yang digunakan tampaknya merupakan aksesori dari pihak ketiga. Adapter yang dimaksud berwarna putih yang terpasang di ujung kabel pengisian daya.

Dalam kotak penjualan sendiri, Samsung memberikan kabel USB berwarna putih. Sedangkan, dari foto, diketahui kabel berwarna hitam.

Kasus ini sendiri tentunya belum tentu akan terjadi pada semua perangkat Galaxy Note 7. Namun, sebagai langkah pencegahan, ada baiknya Anda terus menggunakan aksesori orisinil dari Samsung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com