Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Penyakit Layar Sentuh" Bikin Duo iPhone 6 Tak Bisa Dipakai Sama Sekali

Kompas.com - 26/08/2016, 09:25 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber SlashGear

KOMPAS.com - Sejumlah iPhone 6 dan iPhone 6 Plus dilaporkan mengalami cacat pada bagian layar. Cacat yang dimaksud, disebut juga sebagai “penyakit layar sentuh”, membuat ponsel benar-benar tak bisa digunakan sama sekali.

Ciri-ciri iPhone 6 dan 6 Plus yang mengalami masalah tersebut adalah munculnya garis abu-abu yang berkedip di bagian atas layar. Saat garis ini muncul, layar ponsel seolah membeku dan tak merespons sentuhan apa pun.

“Penyakit layar sentuh” ini tergolong fatal karena membuat iPhone 6 dan 6 Plus jadi tidak berguna sama sekali. Bahkan, kemungkinan besar tidak bisa diperbaiki.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari SlashGear, Jumat (26/8/2016), masalah pada layar sentuh itu bukanlah sebuah bug pemrograman yang bisa diperbaiki melalui pembaruan sistem operasi.

Apple sama sekali tidak memberikan klarifikasi atau komentar apapun. Kendati demikian, keluhan dan laporan mengenai penyakit layar sentuh tersebut terus saja berdatangan.

Masalah ini mirip dengan kasus iPhone 6 dan 6 Plus yang mudah bengkok, yang ramai pada akhir 2014 silam. Kedua iPhone tersebut, khususnya seri 6 Plus, bisa bengkok dengan mudah hanya karena tekanan tangan atau tekanan saat berada dalam saku.

Apple kemudian memperbaiki masalah pembengkokan tersebut saat merilis iPhone 6S dan 6S Plus karena tidak mungkin melakukan apapun pada desain yang sudah dirilis.

Penyakit layar sentuh iPhone 6 dan 6 Plus ini, bisa jadi terkait dengan kasus pembengkokan tersebut. Seiring membengkok, meski cuma sedikit, solderan pada chip pengendali sentuhan dapat terlepas sekaligus mematikan fungsinya.

Efeknya, karena kehilangan otak pemrosean sentuhan menjadi perintah, maka iPhone 6 dan 6 Plus seolah membeku. Apapun yang dilakukan pengguna tak direspon oleh ponsel.

Penyakit ini sebenarnya bisa saja disembuhkan. Namun sejauh ini, tak ada cara yang mudah atau murah. Pasalnya, agar layar dapat memproses sentuhan, pengguna mesti mengganti chip atau papan sirkuit iPhone 6 dan 6 Plus yang bermasalah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SlashGear

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com