Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Pesan Penting Saat Buka WhatsApp Hari Ini

Kompas.com - 26/08/2016, 14:45 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna WhatsApp kemungkinan besar bakal menemukan sebuah pesan penting saat membuka aplikasi tersebut hari ini, Jumat (26/8/2016). Isi pesan berupa pembaruan syarat pemakaian dan kebijakan privasi WhatsApp.

Pesan tersebut memberitahukan dua perubahan penting yang harus diterima oleh pengguna. Perubahan pertaman, untuk beberapa bulan ke depan, WhatsApp akan menghadirkan fitur iklan dalam layanannya.

Iklan tersebut tidak berbentuk banner, melainkan pesan broadcast dan Facebook Ads.


WhatsApp Syarat baru penggunaan WhatsApp

Perubahan kedua, WhatsApp mengungkapkan bakal membagikan data milik pengguna, yang terdiri dari nomor telepon dan pola tingkah laku penggunaan aplikasi.

Untungnya, pengguna bisa menolak ketentuan baru tersebut. Saat pilihan itu dipilih, data milik pengguna tidak akan dibagikan kepada Facebook, tetapi tetap akan mendapatkan pesan brodcast iklan.

Bila setuju, artinya mengizinkan WhatsApp untuk membagikan data Anda kepada Facebook untuk kepentingan iklan tersebut.

Empat hal penting syarat dan kebijakan baru

Pantauan KompasTekno, setidaknya ada empat hal penting yang menjadi inti syarat dan kebijakan baru tersebut, yaitu:

1. Pesan tetap terenkripsi

WhatsApp berjanji tetap memasang enkripsi end-to-end, sehingga pesan yang dikirimkan pengguna tidak akan bisa dibaca oleh pihak ketiga atau siapapun. WhatsApp pun tetap tidak menyimpan pesan-pesan itu.

2. Tidak ada banner

Meski membuka jalan untuk monetisasi, dalam hal ini bekerja sama dengan perusahaan pemegang merek dan menyajikan iklan pada pengguna, WhatsApp berjanji tidak akan memunculkan banner yang mengganggu.

3. Pesan sponsor

WhatsApp mulai mengizinkan perusahaan pemegang merek untuk beriklan dalam platformnya. Iklan tersebut bakal dibungkus dalam bentuk pesan, layaknya SMS broadcast  atau layanan masyarakat yang biasa dilakukan operator telekomunikasi.

Sebagai pengguna WhatsApp, Anda bisa saja mendapatkan notifikasi pesanan, transaksi, informasi jadwal pertemuan, informasi pengiriman barang, pembaruan produk dan layanan, serta soal status penerbangan.

Halaman Berikutnya
Halaman:

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com