Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur di iPhone Bakal Bikin Pencuri Ngeri

Kompas.com - 27/08/2016, 14:05 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Apple sedang mengembangkan teknologi anti-maling yang bisa merekam sidik jari sekaligus memotret pencuri ponsel. Teknologi yang bakal bikin ciut pencuri iPhone ini dirinci dalam sebuah paten yang baru saja dipublikasikan.

Secara konsep, proses perekaman indentitas terjadi saat pencuri memicu sistem keamanan untuk bekerja. Pemicu yang dimaksud, antara lain berupa akses tanpa izin melalui alat tertentu atau akses yang dipaksakan dengan cara membongkar fitur keamanan.

Sistem keamanan kemudian secara otomatis bekerja merekam sidik jari siapapun yang memegang iPhone atau iPad curian tersebut. Selain itu bisa juga memotret wajah orang tersebut.

Dilansir KompasTekno dari The Verge, Sabtu (27/8/2016), dalam paten disebutkan bahwa teknologi keamanan ini antara lain bisa merekam satu atau beberapa sidik jari, foto, video, hingga suara di sekeliling pencuri.

“Data biometrik (seperti sidik jari) selanjutnya akan disimpan dan bisa dibuka untuk identifikasi,” tertulis dalam abstrak paten tersebut.

Di sisi lain, masih ada sejumlah kendala teknis. Kendala itu antara lain berupa Touch ID yang kurang sensitif dan membutuhkan beberapa kali sentuhan hanya agar bisa membaca sidik jari pengguna.

Apple disebut-sebut bakal menerapkan fitur anti-maling ini pada iPhone dan iPad generasi mendatang. Saat itu terjadi, kendala dalam hal sensitivitas Touch ID bisa saja sudah diperbaiki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com